PROSES PEROLEHAN HAK ATAS TANAH OLORAN MENJADI HAK MILIK DI DESA SEGORO TAMBAK DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Ahmad (1995) PROSES PEROLEHAN HAK ATAS TANAH OLORAN MENJADI HAK MILIK DI DESA SEGORO TAMBAK DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Tanah Tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sejak lahir sampai menuju ajalnya, manusia membutuhkan tanah. Adanya Negara pun turut ditentukan oleh ada tidaknya tanah (Wilayah) yang dimilikinya. Begitu pentingnya tanah bagi sebuah peradaban manusia dan bangsa. Kemerdekaan yang kita proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hakekatnya juga merupakan bembebasan tanah bangsa kita dari penjajahan. Dalam islam keberadaan tanah bagi manusia ibarat dua sisi yang tidak dapat dipisahkan, sebab disamping asal mula manusia tercipta dari tanah daripadanya pula manusia mengambil sumber dalam penghidupannya, dan akhirnya kepadanya pula manusia akan kembali.Rumusan masalah yang akan dibahas di sini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana diskripsi tentang perolehan hak atas tanah oloran menjadi hak milik yang dilakukan orang islam di desa segoro tambak tahun 1970 sampai dengan tahun 1992? 2). Bagaimana proses tersebut ditinjau menurut kaidah kaidah hukum islam?Dalam pembahasan ini digunakan tehnik wawancara dan telaah pustaka. Wawancara yaitu komunikasi langsung dengan responden dan informan tentang proses perolehan tanah oloran. Telaah pustaka yaitu dengan meneliti data data yang berkaitan dengan obyek penelitian untuk memperkuat hasil wawancara. Adapun data data yang diperoleh dianalisis dengan tahap tahap: 1). Pengolahan data data: Editing 2). Pengorganisasian data guna memperoleh bahan bahan untuk perumusan deskripsi 3). Analisa untuk merumuskan deskripsi tentang proses perolehan hak atas tanah oloran.Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa perolehan atas tanah oloran menjadi hak milik yang dilakukan oleh orang orang segoro tambak adalah melalui tahapan tahapan, permohonan izin membuka tanah, perolehan izin mengarap tanah, perolehan SK hak milik, dan perolehan sertifikat yang masing masing tahap mempunyai persyaratan persyaratan yang harus di penuhi oleh pemohon. Secara umum, proses tersebut tidak bertentangan dengan hokum islam, oleh karena itu islam menilai perolehan tanah tersebut sah secara hokum. Hanya saja di tengah tengah proses kadang terjadi pemindahan hak garap tanah yang belum di garap sama sekali oleh pemiliknya dengan ganti kerugian melalui suatu akad jual beli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Hak, Tanah; Hukum; Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:33
Last Modified: 11 Jan 2017 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item