Praktek utang piutang dalam jual beli Udang di Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik di tinjau menurut hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukri, Abdul (1992) Praktek utang piutang dalam jual beli Udang di Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik di tinjau menurut hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

SSebagai orang yang beragama islam, sudah barang tentu mereka berkewajiban mentaati aturan hokum utang piutang dan jual beli. Menurut hukum islam untuk mengetahui sejauh mana aktivitas /Praktek utang piutang dalam jual beli udang di desa randuboto kecamatan sidayu kabupaten gresik tersebut perlu diadakan penelitian yang mendalam, agar dapat diketahui apakah dalam praktek utang piutang yang dikaitkan dengan jual beli udang tersebut terdapat penyimpangan penyimpangan atau tidak. Dengan kata lain praktek utang piutang yang dikaitkan dengan jual beli sesuai atau tidak dengan ajaran islam.Rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut 1). Bagaimana diskripsi tentang praktek utang piutang dalam jual beli udang di desa randuboto kecamatan sidayu kabupaten gresik? 2). Bagaimana tinjauan hokum islam terhadap praktek utang piutang dalam jual beli tersebut?Dalam pembahasan ini digunakan metode induktif dan komparatif. Metode induktif digunakan untuk mengemukakan kenyataan kenyataan dari hasil penelitian yaitu pelaksanaan utang piutang dalam jual beli udang secara khusus, kemudian ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum. Metode komperatif digunakan untuk membandingkan antara pelaksanaan utang piutang dalam jual beli udang dilakukan oleh orang beragama islam.Kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa diskripsi utang piutang dalam jual beli udang adalah pedagang kecil berutang kepada pedagang besar dan sebagai konsekwensinya pedagang kecil harus menjual barang dagangannya kepada pedagang besar dengan harga yang selisih dari harga umum yang sudah ditetapkan oleh pedagang besar sewaktu akad utang piutang sedang berlangsung. Praktek utang piutang diharuskan bagi pedagang yang berutang menjual barangnya pada pedagang yang memberikan utang adalah sah sedangkan jual belinya hukumnya juga sah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukri, Abdul--018715294
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, Miftahul----
Subjects: Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang; Jual Beli; Hukum;Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2017 07:43
Last Modified: 27 Feb 2020 06:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item View Item