Studi tentang Burdahan: salah satu bentuk kebudayaan Islam di Surabaya

Alifah, Alifah (1989) Studi tentang Burdahan: salah satu bentuk kebudayaan Islam di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Burdahan adalah satu kesatuan aktifitas yang berhubungan dengan bacaan burdah untuk maksud maksud tertentu. Burdah secara epistimologi adalah berasal dari bahasa arab” Burdatun” yang artinya kain dari bulu yang hitam yang di buat selimut, selendang. Rumusan masalah yang akan dibahas di sini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana burdah itu di ciptakan? 2). Bagaimana proses pertumbuhan burdahan di Surabaya? 3). Nilai apa yang terkandung dalam kegiatan burdah itu? 4). Dengan membudayakan burdahan pada sebagaian masyarakat pemeluk islam di Surabaya, pengaruh apa yang dirasakan masyarakat tersebut? 5). Bagaimana prospek burdahan yang ada pada sebagaian masyarakat di Surabaya?
Dalam penulisan skripsi ini di gunakan studi kepustakaan yang terlebih dahulu di adakan pengumpulan buku buku yang di tulis oleh budayawan, sastrawan, sejarawan dan ilmu lain yang erat kaitannya dengan pembahasan skripsi ini. Observasi lapangan yaitu data yang diperoleh dengan jalan pengamatan atau observasi, dalam hal ini yang menjadi obyek observasi adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan acara burdahan. Wawancara yaitu data yang diperoleh dengan jalan wawancara atau Tanya jawab dengan para tokoh masyarakat serta para ulama’. Dari pembahasan ini burdahan merupakan kegiatan sosial yang di ikuti oleh sekelompok manusia meskipun alasan atau tujuannya mungkin bersifat individual. Sebagai kegiatan yang ada pada masyarakat, maka burdahan akan di lihat dari wujud, sifat dan isinya, hal ini di gunakan dalam usaha member nilai terhadap kegiatan itu di bandingakan dengan kegiatan kegiatan yang lain. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Kegiatan burdahan dikaitkan dengan aktifitas keislaman diantaranya: 1). Wujud burdahan erat sekali kaitannya denga jiwa keagamaan 2). Sifat, dalam hal ini yang dimaksud adalah alasan dan tujuan dari burdahan 3). Isi, ialah materi yang dibaca dalam kegiatan tersebut, yang meliputi tentang syair syair burdah, shalawat kepada Nabi Muhammad dan Do’a 4). Termasuk dalam wujud ini juga dan menjadi rangkaian dalam acara burdahan ialah pembacaan tahlil.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Burdahan; Kebudayaan Islam
Subjects: Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Creators:
CreatorsEmail
Alifah, Alifah--
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:46
Last Modified: 24 May 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14759

Actions (login required)

View Item View Item