AL-KALAM AL-INSYA’ AL-THALABIY FI SURAH AL-QASHASH : DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danang, Swaditya (2014) AL-KALAM AL-INSYA’ AL-THALABIY FI SURAH AL-QASHASH : DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Dalam ilmu balaghah, kalam insya’ yaitu kalam yang pembicaraannya tidak dapat disebut sebagai orang yang benar atau sebagai orang yang dusta. Kalam insya’ dibagi menjadi menjadi dua yaitu kalam insya’ tholabi dan kalam insya’ ghairu tholabi. Adapun dalam skripsi ini hanya membahas kalam insya’ tholabi, kalam insya’ tholabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat itu diucapkan.
Surah Al-Qasas ("Cerita-Cerita") adalah surah ke-28 dalam al-Qur'an. Surah ini diturunkan di Makkah setelah Surah An-Naml dan terdiri dari 88 ayat. Sebagian utama surah ini menceritakan tentang riwayat hidup Nabi Musa dari peristiwa yang terjadi di masa kelahirannya serta menunjukkan kekejaman Fir'aun dan pertolongan Allah kepada Bani Israil saat Nabi Musa mulai menerima wahyu. Dalam surat ini mengandung unsur unsur balaghah yaitu kalam insya’ thalabi diantaranya adalah: amr (perintah), nahyi (larangan), istifham (kata tanya), nida’ (seruan) dan tammaniy (harapan).
Adapun titik fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: (a) Apa sajakah macam-macam kalam insya’ tholabi dalam surah al-qasas, (b) Apa sajakah makna-makna kalam insya’ tholabi dalam surah al-qasas?.
Metode yang digunakan untuk mengkaji kalam insya’ tholabi yang terdapat dalam surah al-qasas adalah dengan menggunakan metode analisa stilistika (Al-Balaghah). Penggunaan metode tersebut bertujuan untuk menemukan unsur-unsur balaghah yang terdapat dalam surah al-qasas serta mengungkapkan faedah-faedah yang terkandung didalamnya.
Berdasarkan dari analisis tersebut dapat diperoleh bahwa: Terdapat 60 kalam insya’ thalabi dalam surah al-qasas dengan lima bentuk yang berbeda, antara lain: Amar (perintah) yang terdiri dari 24 jumlah, istifham (pertanyaan) yang terdiri dari 18 jumlah, nida (seruan) yang terdiri dari 7 jumlah, nahiy (larangan) 10 jumlah, dan tammaniy 1 jumlah. Sedangkan terdapat 28 kalam insya’ thalabi yang memiliki makna sebenarnya dan terdapat 32 yang memiliki makna tidak sebenarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Soraya Kiswati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danang, SwadityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Uncontrolled Keywords: Kalam Insya'; Balagha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2015 00:07
Last Modified: 04 Feb 2015 00:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item