PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP BERITA ISLAMI DI TELEVISI : STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KOTA SURABAYA PEMIRSA BERITA ISLAMI MASA KINI DI TRANS TV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaenuri, Ahmad (2016) PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP BERITA ISLAMI DI TELEVISI : STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KOTA SURABAYA PEMIRSA BERITA ISLAMI MASA KINI DI TRANS TV. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Televisi adalah salah satu bagian dari media massa komunikasi. Dengan televisi pula masyarakat mampu mendapatkan informasi-informasi yang masyarakat butuhkan seperti berita, infotaiment dan program dakwah Islam. Hampir semua stasiun televisi yang ada di Indonesia saat ini setiap harinya menanyangkan program-program dakwah Islam yang dapat dinikmati oleh masyarakt muslim yang membutuhkan pengetahuan tentang ajaran Islam. Akan tetapi Trans TV adalah salah satu televisi swasta nasional yang memiliki program berita Islami masa kini yang tidak dimiliki oleh stasiun televise yang lain. Trans TV menanyangkan berita-berita Islam terkini disertai dalil-dalil al-Qur’an dan hadist untuk memperkuat tayangannya tersbut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Muslim kota Surabaya terhadap program acara “Berita Islami Masa Kini” di Trans TV dan harapan masyarakat Muslim kota Surabaya terhadap program acara “Berita Islami Masa Kini” di Trans TV. Penelitian ini dilakukan diwilayah kota Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus persepsi pemirsa program acara “Berita Islami Masa kini” di Trans TV dengan menggunakan teori fenomenologi. Teori ini digunakan untuk menganalisis persepsi pemirsa berita Islami Masa Kini. Karena menurut teori komunikasi yang masuk dalam tradisi fenomenologi berpandangan bahwa manusia secara aktif menginterpretasikan pengalaman mereka, sehingga mereka, dapat memahami lingkungannya melalui pengalaman personal dan langsung dengan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemirsa program acara “Berita Islami Masa Kini” mempersepsikan acara ini adalah acara dakwah dakwah dan media dakwah yang memberikan pendidikan pengatahuan Agama Islam kepada pemirsanya dengan cara yang berbeda dengan stasiun televisi yang lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan Ilmu Dakwah dan khususnya pada program studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaenuri, Ahmadzaencepu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Komunikasi Islam > Komunikasi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zaenuri Ahmad
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:29
Last Modified: 30 Dec 2016 06:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item