Pengaruh kemampuan membaca Al Qur’an dan kesadaran keberagamaan terhadap perilaku keberagamaan siswa SMP Islam Al Amal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Nurul (2016) Pengaruh kemampuan membaca Al Qur’an dan kesadaran keberagamaan terhadap perilaku keberagamaan siswa SMP Islam Al Amal Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tesis ini adalah hasil penelitian kuantitatif yang berjudul pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an dan kesadaran keberagamaan terhadap perilaku keberagamaan siswa. Yang mana untuk menjawab: Adakah pengaruh yang signifikan dari kemampuan membaca al-Qur’an dan kesadaran keberagamaan secara parsial terhadap perilaku keberagamaan siswa SMP Islam al-Amal Surabaya. Faktor manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi terhadap perilaku keberagamaan siswa. Data penelitian dihimpun melalui teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi pustaka (library research). Dan selanjutnya dianalisis dengan analisis kuantitatif. Penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa kemampuan membaca al-Quran dan Kesadaran keberagamaan siswa berperan penting dalam membentuk kepribadian, sebab kemampuan membaca al-Quran dan kesadaran keberagamaan saling bersinergi sebagai pusat orbit dari perilaku positif yang dimiliki manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Ex- post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah Siswa SMP Islam Al-Amal. Yang berjumlah 250 kemudian kami ambil 10 % untuk dijadikan sampel Penelitian 25 Siswa SMP Islam Al-Amal Surabaya. Dari hasil penelitian yang kami peroleh terdapat 80% Siswa SMP Islam Al-Amal memiliki Kemampuan membaca al-Quran dengan kategori baik, dan 20 % memiliki Kategori sedang. Sedangkan dari variabel kesadaran keberagamaan dan perilaku siswa memiliki prosentase yang bagus yakni hampir dari Siswa SMP Islam Al Amal memiliki Tingkat Kesadaran dan Perilaku Keberagamaan Yang Tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara Kemampuan Membaca al-Qur’an dan Kesadaran Keberagamaan secara parsial. Pengaruh yang signifikan antara Kemampuan membaca al-Qur’an dan Kesadaran Keberagamaan terhadap Perilaku Keberagamaan secara parsial di SMP Islam Al-Amal sebesar = 0,0043 dengan uji t = 2,610 dan dan uji t sebesar = 0,945, kemudian terdapat pula korelasi yang signifikan antara Kemampuan membaca al-Qur’an dan Kesadaran Keberagamaan terhadap Perilaku keberagaaan secara simultan sebesar 0.957 dengan uji F = 3,443. Dan dapat disimpulkan bahwa Kesadaran Keberagamaan berperan penting terhadap Perilaku keberagamaan siswa di SMP Islam Al-Amal Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Nurulinayahnurul340@gmail.comF1324143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Perilaku
Keywords: Kemampuan Membaca; Kesadaran; Perilaku; Keberagamaan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inayah Nurul
Date Deposited: 29 Dec 2016 06:21
Last Modified: 13 Jan 2020 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item