TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH PEMBELIAN DI BAWAH TANGAN DI DESA KALANGANYAR KEC. SEDATI KAB. SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuriyah, Ismatun (1995) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERALIHAN HAK MILIK ATAS TANAH PEMBELIAN DI BAWAH TANGAN DI DESA KALANGANYAR KEC. SEDATI KAB. SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Hak-hak atas tanah mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, dengan semakin majunya masyarakat dan makin padat penduduknya, maka akan menambah lagi pentingnya kedudukan hak-hak atas tanah. Dalam kaitannya dengan pasal 16 ayat (1) UUPA mengenai hak milik atas tanah khususnya dalam hal peraihan hak milik melalui jual beli di bawah tangan. Yang dimaksud peralihan disini adalah suatu peralihan ha katas tanah yang dilakukan secara sengaja dialihkan supaya hak tersebut terlepas dari pemegangnya semuladan menjdai hak pihak lain, berupa jual beli dengan tujuan menukar, hibah, legaat (hibah wasiat). Sedangkan dalam Hukum Islam diperintahkan adanya ketatalaksanaan (administrasi) niaga yang baik guna mewujudkan kelancaran dan keserasian dalam hubungan dagang sebagaimana diisyaratkan Allah SWT. Hal ini harus dilakukan dengan penulisan (akta pejabat), penulisan tersebut hendaklah dilakukan oleh seorang Notaris yang beriman, bertaqwa dan adil. Penulisan tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi persengketaan di kemudian hari karena salah satunya lupanbaik tentang bilangannya ataupun lainnya. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Bagaimana diskripsi tentang peralihan hak milik atas tanah pembelian di bawah tangan di desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. 2). Bagaimana tinjauan HukumIslam terhadap peralihan hak milik atas tanah pembelian di bawah tangan di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.
Teknik penggalian data digali dengan menggunakan teknik wawancara dan teknikmstudi dokumentasi/ bahan pustaka yang ada korelasinya dengan permasalahan. Teknik analisa datanya dianalisa secara Kualitatif, dengan tahapan Editing, Pengorganisasian data dan Menganalisis bahan-bahan hasil pengorganisasian data. Kesimpulan dalam pemahasan ini adalah; 1). Bahwa pelaksanaan peralihan hak milik atas tanah pembelian di bawah tangan yang dilakukan masyarakat desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo adalah dengan cara melakukan jual beli dihadapan kepala Desa (di Balai Desa) dan pencatatannya cukup diketahui oleh Kepala Desa. 2). Transaksi jual beli tanah yang dilkuakn di bawah tangan atau tanpa melalui PPAT di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati menurut peraturan pemerintah yang berlaku tidak sah, karena tidak sesuai dengan pasa 19 PP No. 10 tahun 1961. 3). Sedangkan menurut Hukum Islam transaksi jual beli tanah yang dilakukan di bawah tanah yang dilakukan di bawah tangan ata tanpa melalui PPAT adalah sah karena sudah memenuhi syarat dan rukun jual beli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuriyah, IsmatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Peralihan Hak Milik Tanah; Pembelian di Bawah Tangan; Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:45
Last Modified: 27 Dec 2016 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item