STUDI KORELASI ANTARA KEGIATAN TADARUS AWAL PELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Rosyid, Abdul (2014) STUDI KORELASI ANTARA KEGIATAN TADARUS AWAL PELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penulis Mengambil Judul Studi Korelasi antara Kegiatan Tadarus Awal
Pelajaran dengan Minat Belajar Membaca Al-Quran Siswa di SMA
Muhammadiyah 3 Surabaya. Latar Belakang Penelitian ini adalah bahwasannya
Melihat keadaan remaja zaman sekarang, degradasi kemampuan membaca Al-
Quran pada usia SMA sudah mulai meningkat dan menunjukkan angka yang
besar. Jika siswa tidak memiliki kecakapan dalam membaca Al-Quran, maka
mereka tidak akan dapat menjadi muslim yang baik yang bisa mengamalkan Al-
Quran sebagaimana keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah bagi pembacanya,
dan pengetahuan tentang agamapun sangat berkurang. Dalam Upaya mengatasi
permasalahan tersebut,berbagai progam belajar membaca Al-Quran telah
diterapkan oleh SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, diantaranya Kegiatan Tadarus
Awal Pelajaran. Sehingga rata-rata lulusan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya
memiliki kompetensi dalam membaca Al-Quran.. Dari sinilah penulis tertarik
untuk mencoba mengetahui seberapa besar hubungan kegiatan tadarus awal
pelajaran dengan minat belajar membaca Al-Quran Siswa di SMA
Muhammadiyah 3 Surabaya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
penerapan kegiatan tadarus awal pelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
(2) Bagaimana minat belajar membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah 3
Surabaya. (3) Sejauhmana hubungan antara kegiatan tadarus awal pelajaran
dengan minat belajar membaca Al-Quran siswa di SMA Muhammadiyah 3
Surabaya.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian
kuantitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu, Observasi, Wawancara/Interview, dan Angket. Adapun data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus
product moment.
Berdasarkan permasalahan diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan
bahwa : (1) Pelaksanaan kegiatan tadarus awal pelajaran siswa di SMA
Muhammadiyah 3 cukup baik, terbukti dari hasil prosentasenya 55%, (2) Minat
belajar membaca Al-Quran Siswa SMA Muhammadiyah 3 cukup tinggi dengan
prosentase 62,5%. (3) Terdapat korelasi yang sedang antara kegiatan tadarus awal
pelajaran dengan minat belajar membaca Al-Quran Siswa SMA Muhammadiyah 3
Surabaya, terbukti dari nilai r hitung “0,587” lebih besar dari r tabel, dan jika
dilihat di dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”. dan dapat
disimpulkan bahwa bahwa nilai r hitung berada diantara 0,40 – 0,70.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsuddin
Uncontrolled Keywords: Tadarus awal pelajaran; Minat belajar membaca Al-Quran
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:12
Last Modified: 25 Mar 2015 06:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item