PENGARUH PROFESIONALITAS GURU AGAMA TERHADAP PRAKTEK HIDUP BERAGAMA SISWA KELAS I DAN KELAS II DI SMU MUHAMMADIYAH 2 BLIMBING PACIRAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warma, Musyaraofah (2000) PENGARUH PROFESIONALITAS GURU AGAMA TERHADAP PRAKTEK HIDUP BERAGAMA SISWA KELAS I DAN KELAS II DI SMU MUHAMMADIYAH 2 BLIMBING PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang siap menggantikan estafet generasi tua dalam rangka meraih masa depan yang cerah. Selain itu pendidikan berperan mensosialisasikan kemampuan baru kepada mereka agar mampu mengantisipasi tuntutan masyarakat yang dinamis. Pendidikan dan pengajaran dalam proses belajar mengajar merupakan kegiatan yang bersifat sadar tujuan, oleh karena itu pendidikan harus diarahkan pada perubahan tingkah laku yang membekali peserta didik untuk menuju masa depan yang lebih baik. Proses tingkah laku tersebut memerlukan waktu yang cukup lama dan ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah hubungan peserta didik, pendidik dan orang tua. Pendidik harus menciptakan interaksi educatif yang memungkinkan adanya saling keterbukaan dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang dilaksanakan.
Profesionalisme guru agama di SMU Muhammadiyah 2 Blimbing paciran lamongan adalah baik, hal ini dapat dilihat dari persiapan guru dalam mengajar serta penyampaian materi pelajaran di sekolah, dengan skor 702 dan frekwensinya sebanyak 576 jika diprosentasikan =82,06% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa profesionalitas guru agama di SMU Muhammadiyah 2 Blimbing Paciran Lamongan adalah baik.
Praktek hidup beragama siswa di SMU 2 Blimbing Paciran Lamongan yang meliputi pelaksanaan keagamaan siswa yaitu sikap terhadap sesama dan sikap terhadap orang tua serta pelaksanaan ibadah shalat menunjukkan sudah baik mencapai 88,09%.
profesionalitas guru agama berpengaruh terhadap praktek hidup beragama siswa di SMU Muhammadiyah 2 kelas I dan II, hal ini terbukti dari analisis hasil perhitungan r xy = 0,663 lebih besar daripada harga r 5% = 0,273 dan 1% = 0,354 maka berarti hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihilnya ditolak yang berarti profesionalitas guru agama berpengaruh terhadap praktek hidup beragama siswa kelas I dan II di SMU Muhammadiyah 2 Blimbing paciran lamongan.
Tingkat pengaruhnya menunjukkan hasil yang cukup atau sedang, hasil ini dari perhitungan r xy = 0,663 bila diinterprestasikan secara sederhana terletak antara 0,40 0,70 menunjukkan korelasi cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warma, MusyaraofahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas; Guru; Pendidikan Agama Islam; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2016 05:13
Last Modified: 14 Dec 2016 05:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14614

Actions (login required)

View Item View Item