PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMAN 1 GEDANGAN SIDOARJO

Mufidah, Nurul (2014) PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMAN 1 GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menerapkan Pendidikan Multikultural di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, mengkaji
tentang pendidikan multkultural dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
menerapkan pendidikan di lingkungan sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan
ketertarikan penyusun terhadap tema ini. Pendidikan multikultural yang masih
sebatas konsep teori dalam literatur dan diskusi, mencoba untuk ditarik dalam
realita atau praktiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara
kritis tentang pendidikan dan peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan
multikultural di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Hasil penelitian ini diharapkan akan
dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam
mewujudkan pendidikan multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMAN 1
Gedangan Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data
yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) pendidikan multikultural warga di
SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, (2) Peran guru PAI dalam usahanya menerapkan
pendidikan multikultural telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan
multikultural. Hal ini berdasar pada kegiatan belajar mengajar yang sudah dapat
mengindikasikan bahwa guru secara umum sudah menerapkannya. Selain itu,
interaksi sosial dengan para guru dan karyawan berjalan dengan baik dan toleran.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Rubaidi
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI; Pendidikan Multikultural; Konsep Pendidikan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2015 04:53
Last Modified: 25 Mar 2015 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item