PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TAMBAKRINGADUNG II TIKUNG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaimin, Robithotul (2000) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TAMBAKRINGADUNG II TIKUNG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajarannya. Sedangkan kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan masalah yang rumit, apalagi di dalam belajar ada tujuan yang harus dicapai karena dalam belajar tidak hanya mendengar informasi dan penjelasan dari guru melainkan belajar itu banyak yang harus ditempuh dan dilakukan siswa.
Pengelolaan kelas adalah seperangkat kegiatan pendidikan yang ditujukan untuk menciptakan dan memelihara kondisi kondisi yang optimal bagi terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efesien. Adapun pengelolaan kelas di SDN Tambakringadung II Tikung Lamongan adalah baik. Hal ini dapat dilihat dalam tabel tentang nilai rata rata dari hasil angket pengelolaan kelas mencapai 71, 05%.
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya pengerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan atau aktivitas belajar yang menjamn kelangsungan dari kegiatan belajar sehingga mengakibatkan tujuan dapat di capai. Adapun motivasi belajar pendidikan agama islam di SDN Tambakringadung II Tikung lamongan adalah baik. Hal ini dapat dilihat dalam tabel tentang nilai rata rata dari hasil angket motivasi belajar pendidikan agama islam mencapai 76,32%.
pengelolaan kelas mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SDN Tambakringadung II Tikung Lamongan . Hal ini terbukti dari analisa hasil perhitungan rxy = 0,745 lebih besar dari pada r tabel taraf signifikansi 5% = 0, 325 dan pada taraf signifikan 1% = 0, 418 dengan demikian r xy = 0,745 lebih besar dari taraf 5% maupun 1% yang berarti hipotesa alternatif diterima dan hipotesa nihilnya ditolak, yang artinya pengelolaan kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SDN Tambakringadung II Tikung lamongan. Adapun tingkat pengaruh pengelolaan kelas terhadap moticvasi belajar pendidikan agama islam menunjukkan tingkat pengaruh yang kuat atau tinggi, hal ini dapat di buktikan dengan hasil perhitungan r xy = 0,745. besarnya r xy hasil perhitungan tersebut dengan menggunakan interprestasi secara sederhana terletak antara 0, 70 sampai 0, 90 yang menunjukkan kirelasi kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaimin, RobithotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Keywords: Pengelolaan Kelas; Motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:11
Last Modified: 13 Dec 2016 03:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item