SISTEM PENDIDIKAN MENURUT AL GHAZALI: STUDI DISKRIPTIF TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Imam (2000) SISTEM PENDIDIKAN MENURUT AL GHAZALI: STUDI DISKRIPTIF TENTANG PEMIKIRAN PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu system dan cara untuk meningkatkan kualitas hidup dalam segala aspek sehingga sepanjang sejarah hidup umat manusia di muka bumi. Pranan manusia dalam pendidikan secara teologis dimungkinkan karena posisinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan menjadi Khalifatulloh fi al ardl.
Pada penelitian ini penulis mengambil judul “Sistem Pendidikan Menurut Al Ghazali: Studi Tentang Pemikiran Pendidikan” dengan rumusan masalahya adalah: Bagaimana system Pendidikan menurut Imam al Ghazali?. Penelitian ini dibatasi pada pemikiran pendidikan, tujuan pendidikan, bidang studi dan pembagiannya dan metode pengajarannya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan menurut al Ghazali adalah terbentuknya insan purna yang sanggup mendekatkan diri pada Allah serta mampu mencapai kehidupan bahagia di dunia dan akherat. Sementara itu metode pengajaran menurut al Ghazali adalah sebuah cara untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didik. Sedangkan bidang studi dan pembagiannya menurut Imam al Ghazali dibagi menjadi dua yaitu; Berdasarkan tingkat kewajibannya yaitu fardhu ain dan fardhu kifayah; Berdasarkan sumbernya, yaitu ilmu syariáh dan ilmu aqliyah; dan berdasarkan fungsinya yaitu ilmu terpuji dan ilmu tercela.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Imam al Ghazali; Pendidikan Islam; Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:51
Last Modified: 07 Dec 2016 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14564

Actions (login required)

View Item View Item