PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PENDIDIKAN DASAR DI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Azizatul (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PENDIDIKAN DASAR DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah proses pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing dalam meningkatkan kreativitas siswa pendidikan dasar di Sidoarjo. 2) Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing dalam meningkatkan kreativitas siswa pendidikan dasar. 3) Bagaimanakah kreativitas siswa setelah pembelajaran problem posing pendidikan dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajran berupa RPP dan LK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model desain Thiagarajan. Model Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan model 4-D (four D model). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk memperoleh data penelitian menggunakan 5 teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, validasi ahli, observasi, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk memperorleh data tentang proses pengembangan pembelajaran PAI berbasis problem posing. Validasi ahli digunakan untuk memperoleh data tentang kevalidan dan kepraktisan RPP dan LK. Observasi digunakan untuk memperoleh data selama proses uji coba yang meliputi aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks RPP, dan observasi kreativitas siswa. Angket respon siswa digunakan untuk memperoleh data selama proses uji coba. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil bahwa RPP dan LK dapat dikategorikan valid dan praktis sehingga layak digunakan. Sedangkan kreativitas siswa berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan kreativitas siswa sedang dan tinggi mengalami peningkatan pada post test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, AzizatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa; Pembelajaran Problem Posing
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummah Azizatul
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:04
Last Modified: 07 Dec 2016 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item View Item