KETERKAITAN NILAI IMAN, ISLAM, DAN IHSAN DALAM KURIKULUM 2013 : KAJIAN KOMPETENSI INTI PAI SMP

Ilmiyah, Anis (2014) KETERKAITAN NILAI IMAN, ISLAM, DAN IHSAN DALAM KURIKULUM 2013 : KAJIAN KOMPETENSI INTI PAI SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah melihat keterkaitan antara nilai Iman, Islam, dan Ihsan dengan kompetensi inti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini seluruhnya berdasarkan atas kajian pustaka yaitu studi pustaka yang seluruh substansinya memerlukan olahan teoritik dan terkait pada values.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.
Hasil-hasil yang diperoleh, setelah melakukan analisis, ternyata terdapat keterkaitan antara keduanya. Hal itu bisa ditemukan dari arti setiap kata yang terdapat didalam kompetensi inti tersebut dan dilihat dari ranah pada masing-masing kompetensi inti. Serta dikaitkan dengan argumen-argumen, baik dari segi makna atau dari segi pemikiran tokoh pendidikan, yaitu dalam penelitian ini dikuatkan dengan argumen dari Al-Ghozali, pemikirannya tentang aspek pendidikan. Setelah melakukan penelitian diperoleh pengetahuan tentang keterkaitan antara nilai Iman, Islam, dan Ihsan dengan kompetensi inti, nilai Iman berkaitan dengan kompetensi inti pertama, nilai Islam berkaitan dengan kompetensi inti kedua, ketiga, dan keempat, sedangkan nilai Ihsan berkaitan dengan komepetensi int ikedua, ketiga dan keempat.
Kesimpulan yang diperoleh setelah melakukan penelitian, ternyata terdapat keterkaitan antara keduanya, itu berarti pada kurikulum ini setiap pelajaran akan dimasuki dengan pendidikan Islam, yang terletak pada kompetensi inti pertama dan kedua, dalam ranah spiritual dan sosial, dan itu untuk semua jenjang Sekolah, dari sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan untuk semua mata pelajaran, kerena kompetensi inti ini secara umum sama untuk semua jenjang sekolah hanya terdapat perbedaan pada pencapaiannya saja yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan anak

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syaifuddin
Uncontrolled Keywords: Iman; Islam; Ihsan; Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2015 03:04
Last Modified: 19 Mar 2015 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item