KOMUNIKASI MULTIKULTURAL PROGRAM PENGAJIAN RUTIN MINGGUAN MASJID CHENG HO SURABAYA: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetia, Bagus Wira (2016) KOMUNIKASI MULTIKULTURAL PROGRAM PENGAJIAN RUTIN MINGGUAN MASJID CHENG HO SURABAYA: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN DAKWAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Masjid Cheng Ho merupakan salah satu masjid yang bernuasa Tionghoa yang memiliki program kajian rutin setiap minggu yaitu program pengajian rutin M7 (minggu jam 7 pagi). Program ini menarik karena dalam kegiatannya mad’u yang datang bukan hanya dari golongan Tionghoa saja, akan tetapi juga dari golongan masyarakat yang selainnya. Selain mad’u yang beragam, da’i yang memberikan ceramah pun juga beragam. Meskipun berisi berbagai macam golongan yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda – beda, program ini berjalan dengan baik dan hingga sekarang masih berjalan. Tidak ada konflik yang berarti yang membuat program ini menjadi terkendala. Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang digunakan oleh para da’i dalam program pengajian M7 ini. Bagaimana pesan – pesan dakwah yang disampaikan oleh para da’i kepada mad’u yang begitu beragam. Lalu bagaimana pesan – pesan dakwah ini jika ditinjau dari teori komunikasi multikultural spesifik teori speech Code. Penelitian ini dilakukan dengan terjun di lapangan lalu mengumpulkan data – data yang diperlukan guna untuk menganalisis isi pesannya. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis semiotika Sanders Pierce. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan pada da’i tidak terikat pada satu tema tertentu. Di dalamnya terdapat beragam tema pesan, mulai dari masalah akidah, syariah, ataupun berkenaan dengan akhlak. Karakteristik yang menjadi speech code oleh para dai adalah penggunaan jenis pesan yang cenderung berpijak pada al Qur’an dan hadist ketimbang 7 jenis pesan selainnya. Selain itu pesan yang disampaikan pun cenderung mengarah kepada persatuan dan kesamaan dari keberagaman yang dimiliki di masjid Cheng Ho. Penelitian ini membahas pesan dakwah dalam perspektif komunikasi multikultural. Untuk pengembangan penelitian ini dapat digunakan pula menggunakan perspektif teori komunikasi yang selainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetia, Bagus Wirabagus.wira.pras@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Komunikasi Islam > Komunikasi
Budaya
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Multikultural; Analisis Semiotika; Pesan Dakwah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Prasetia Bagus Wira
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:10
Last Modified: 01 Dec 2016 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item