UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohamah, Rohamah (2000) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional islam untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran islam dengan menekankan pentingnya moral agama islam sebagai pedoman hidup bermasyarakat sehari hari. Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan dan pengembangan agama islam dan pengembangan islam di tanah air ( khususnya di jawa) di mulai dan di bawah oleh wali songo, maka model pesantren di pulau jawa juga mulai berdiri dan berkembang bersamaan dengan zaman wali songo. Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam sampai sekarang eksistensinya masih diakui, bahkan semakin memainkan peranannya di tengah tengah masyarakat dalam rangka menyiapkan sumberdaya manusia yang handal dan berkualitas. Kendatipun demikian bukan berarti pondok pesantren luput dari berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapinya.
Sistim pendidikan dan pengajaran yang ada di pondok pesantren salafiyah yaitu menggunakan sistem pendidikan formal dan non formal. Sistim pendidikan formal yaitu sistim pendidikan dalam bentuk klasikal ( Madrasah yang berlainan tingkatan, jenis dan waktu belajarnya). Madrasah tersebut adalah madrasah salafiyah tingkat aliyah shohabi, dan madrasah salafiyah tingkat tsanawiyah sampai pendidikan non formal yaitu mencakup pengajian weton, sorogan, bahtsul masail, takhasus dan takror.
Upaya pondok pesantren salafiyah dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu seperti dapat dibuktikan dengan adanya berbagai macam kegiatan dan aktifitas aktifitas pendidikan yang ada di dalamnya, yang dari semua program dan aktivitas aktivitas pendidikan tersebut adalah dalam rangka mengembangkan kualitas keimanan, keilmuan serta ketrampilan ketrampilan lain bagi para santrinya, yang mana dari semua hal tersebut nantinya dapat tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohamah, RohamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Pesantren
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2016 05:28
Last Modified: 30 Nov 2016 05:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item