PENGARUH KEWIBAWAAN GURU AGAMA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR AGAMA KELAS II DI SLTP YPM 2 SUKODONO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuroidah, Tinuk (2000) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU AGAMA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR AGAMA KELAS II DI SLTP YPM 2 SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Manusia adalah makhluk yang mungkin dapat dan harus di didik sesuai dengan hakekat sebagai makhluk ciptaan Allah, yang hidup sebagai individu dalam kebersamaan di dalam masyarakat, dan karena memiliki kemungkinan tumbuh dan berkembang didalam keterbatasan dirinya sebagai manusia. Dan pendidikan menjadi keharusan bagi manusia, jika diinginkan mampu mencapai kedewasaan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sebab pendidikan adalah merupakan usaha strategis dalam menggapai tujuan pembangunan dan mempersiapkan sumber daya insani sebagai subyek sekaligus sasaran pembangunan dalam kualitas yang sebanyak mungkin.
Kewibawaan guru agama merupakan manifestasi dari keunggulan, kemampuan, kelebihan dan sifat keutamaan yang dimilikinya, sehingga dengannya dia mampu ambawani, artinya ia mampu membimbing, mendidik dan mengarahkan siswa. Kewibawaan ini timbul dari pengakuan siswa dan keberadaan guru tersebut karena kelebihan kemampuan, keunggulan dan sifat keutamaan yang dimilikinya. Adapun kewibawaan guru agama kelas II di SLTP YPM 2 Sukodono Sidoarjo adalah tinggi, hal ini terbukti dari nilai rata rata dari angket kewibawaan guru agama kelas II di SLTP YPM 2 Sukodono Sidoarjo yang menunjukkan scor 39 dari 45 scor maksimum atau 86,7%.
Aktivitas belajar siswa adalah proses belajar agama yang melibatkan siswa melalui keaktifan jasmani dan rohani, aktivitas belajar agama kelas II di SLTP YPM 2 Sukodono Sidoarjo dapat dikatakan tinggi, ini terbukti dari nilai rata rata dari angket yang menunjukkan scor 25 dari 27 scor maksimum atau 92,6%.
Berdasarkan perhitungan yang diperoleh adalah 0,571 dan itu lebih besar dari nilai kritik pada tabel baik dalam taraf signifikansi 5% atau 1%, maka hipotesa kerjalah yang diterima artinya terdapat pengaruh antara kewibawaan guru agama dengan aktivitas belajar guru agama kelas II di SLTP YPM 2 Sukodono Sidoarjo. Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah sedang atau cukup karena berdasarkan perhitungan yang diperoleh yaitu 0, 571 berada dalam rentangan nilai 0,40 – 0,70 adalah cukupan atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuroidah, TinukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Kewibawaan Guru; Aktifitas Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2016 03:13
Last Modified: 30 Nov 2016 03:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item