PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD MODEL PERMAINAN KWARTET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABSCHOOL UNESA

Shodiqin, Ali (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD MODEL PERMAINAN KWARTET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABSCHOOL UNESA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran komponen paling utama adalah metode dan media pembelajaran. Kedua komponen tersebut menunjang tercapainya tujuan pembelejaran khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam ( PAI ). Oleh karena itu guru sebagai pendidik harus mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar pembelajaran menarik, menyenangkan, dinamis dan merangsang peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai serta meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran adalah flash card model permainan kwartet karena dalam penggunaannya mamakai sistem permainan sehingga peserta didik senang, nyaman, dan memperkuat daya ingat peserta didik dalam menyerap materi pelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah pertama ( SMP ). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran flash card model permainan kwartet (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian Resarch and Development ( R&D ), dalam proses pengembangannya terdapat beberapa tahapan diantaranya difine ( pendefinisian ), design ( perancangan ), develop ( pengembangan ), dan disseminate ( penyebaran ). Hasil pengembangan yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) labschool Unesa diperoleh hasil t hitung = 10.592 > t tabel 2,084 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga dengan begitu Ho ditolak, berarti menggunakan media flash card dalam pembelajaran pendidikan agama islam menunjukan adanya perbedaan lebih baik sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini juga terlihat dari hasil pretest nilai rata-rata 68.55 ( 75% tidak tuntas dalam pemelajaran) dan setelah pembelajaran diadakan postest nilai rata-rata 87.00 atau hasil belajar peserta didik tuntas 100%, dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan flash card model permainan kwartet meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shodiqin Ali
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:29
Last Modified: 29 Nov 2016 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14476

Actions (login required)

View Item View Item