Media dan konflik agama: analisis pembingkaian kasus konflik Sunni -Syiah di Sampang Madura dalam Majalah Tempo dan Majalah Gatra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aida, Nur (2016) Media dan konflik agama: analisis pembingkaian kasus konflik Sunni -Syiah di Sampang Madura dalam Majalah Tempo dan Majalah Gatra. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aida_F17214206.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konflik Sunni Syiah Sampang menjadi salah satu konflik yang besar, terjadi bertahun-tahun, bahkan Agustus 2012 terjadi penyerangan hingga menimbulkan korban jiwa. Majalah Tempo dan Majalah Gatra adalah salah satu media yang menjadikan konflik Sunni Syiah Sampang sebagai bahan pemberitaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa Majalah Tempo dan Majalah Gatra memberitakan konflik Sunni Syiah Sampang, dan bagamaina kedua majalah tersebut membingkai peristiwa konflik Sunni Syiah Sampang dalam sebuah berita. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik analisis framing Pan dan Kosicki, peneliti mencoba membedah mengenai bagaimana cara wartwan menyusun fakta, cara wartawan mengisahkan fakta, cara wartawan menuliskan fakta, dan cara wartawan menekankan fakta, yang kemudian dibaca dari sudut pandang teori ekonomi politik. Hasil penelitian menunjukkan Majalah Tempo dan Majalah Gatra memberitakan konflik Sunni Syiah Sampang Madura karena alasan ekonomi dan politik. Mengenai bingkai berita kedua majalah, ditemukan perbedaan nilai (citra/ideologi) yang ingin dibawakan oleh kedua media. Majalah Tempo terlihat condong pada gagasan untuk membela hak-hak kaum minoritas. Sedangkan Majalah Gatra condong pada gagasan bahwa kerusuhan yang terjadi adalah karena kegagalan pemerintah melindungi warga Syiah Sampang dari pemanfaatan pihak Asing. Penelitian lanjutan tentang hubungan dan pengaruh pemilik media terhadap bingkai berita yang dihasilkan, penting untuk dilakukan, untuk melihat penyebab perbedaan bingkai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aida, Nurterserah.aida@gmail.comF17214206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch ChoirunIrul_rek@yahoo.co.id2017107102
Subjects: Agama
Konflik sosial
Media Massa
Keywords: Media; konflik agama; konflik Sunni-Syiah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aida Nur
Date Deposited: 01 Dec 2016 01:32
Last Modified: 27 Feb 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item