Teori jiwa perspektif Fakhr al-Din al-Razi: studi model pemikiran psikologi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arroisi, Jarman (2016) Teori jiwa perspektif Fakhr al-Din al-Razi: studi model pemikiran psikologi Islam. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Disertasi ini mengkaji pemikiran al Razi terkait dengan teori jiwanya. Meskipun al Razi sendiri menyatakan perilaku merupakan kebiasaan yang berasal dari watak dan karakter seseorang yang tidak bisa dirubah, tetapi dalam berbagai karyanya menyampaikan bahwa akhlaq seseorang itu bisa diperbaiki melalui pengelolaan, pendisiplinan dan pencucian jiwa.Melalui penekanan pada aspek al-riyadahal-ruhiyah sebagai sarananya, al Razi dan para filosuf Muslim lainya mampu menjawab persoalan kehidupan.Problem kehampaan spiritual yang selama ini nyaris tidak mendapat perhatian sebagian besar aliran psikologi modern, justru menjadi fokus perhatian al Razi.
Penelitian disertasi ini, berupaya menjawab berbagai persoalan mendasar, tentang apa esensi jiwa al Razi? Metode apa yang digunakan untuk menjelaskan esensi jiwa itu? Dan apa kontribusi teori jiwa al-Razi terhadap pengembangan psikologi Islam?
Kajian ini, menggunakan metode analitis-kritis. Yaitu metode yang mengkaji pemikiran fokus mendeskripsikan, membahas, dan mengkritik pemikiran tersebut yang selanjutnya dikonfrontasikan dengan gagasannyayang lain. Selain itu, peneliti juga menggunakan pendekatan falsafi sufiyah untuk menganalisa suatu pandangan yang akhirnya sampai pada pengertian konseptual Weltanschauung atau pandangan dunia masyarakat.
Studi ini menghasilkan tiga kesimpulan penting.Pertama, esensi jiwa perspektif al-Razi merupakan suatu yang berbeda dengan badan terpisah secara esensial dan terpengaruh dengannya secara pengaturan dan instruksi. Semua anggota badan adalah alat bagi jiwa, jiwa melihat dengan mata, mendengar dengan telinga, berbicara dengan mulut, merasakan dengan lidah, mencium dengan hidung, dan yang lain. Sebab itu, jika jiwa bersih, sehat dan kuat maka akan mengalir daripadanya perilaku baik, bisa membawa pada kehidupan yang bahagia. Tetapi sebaliknya, jika jiwa kotor, maka akan melahirkan perilaku negatif dan bahkan bisa mengarah pada penyakit jiwa; tamak, bakhil, ujub, kufur, dosa besar, iri dengki, dan sejenisnya yang bisa mengakibatkan pada kesengsaraan hidup. Kedua,untuk menjelaskan esensi jiwa itu, al-Razi menggunakan metode: wahyu dan akal, jaringan konsep dalam al-Qur’an, interdisipliner keilmuan, dan doktrin al-salaf al-saleh dengan rasional secara bersamaan. Dengan multi metode ini, model pemikiran psikologi al-Razi bisa disebut sebagai psikologi usuli ijtihadi.
Ketiga, esensi jiwa al-Razi yang seperti itu tidak saja parallel dengan hembusan arus argumentasi psikologi Islam, tetapi juga dapat dikatakan sebagai pondasi yang kokoh bagi berdirinya bangunan pemikiran psikologi Islam saat ini. Karakteristik pemikiran psikologi Islam al-Razi terletak pada penekanannya terhadap terapi penyakit jiwa, hadirnya jiwa yang bersih, sehat, tenang, dan selalu berusaha mewujudkan tercapainya kebahagiaan yang tertinggi yaitu ma’rifatullah. Dengan kata lain, secara aksiologis melalui bangunan teori jiwa yang seperti itu, al-Razi mampu mengintegrasikan filsafat Ibn Sina tentang potensi jiwanya dengan tasawuf al-Ghazali tentang ma’rifatnya. Kemampuan al-Razi dalam mengintegrasikan filsafat Ibn Sina dengan tasawuf al-Ghazali dalam teori jiwanya itu merupakan salah satu kontribusi al-Razi dalam pengembangan ilmu pengetahuan pada saat itu yang belum pernah diungkap oleh para peneliti sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arroisi, JarmanJargon221169@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Uncontrolled Keywords: Esensi Jiwa; Hakikat Manusia; Psikologi Konvensional; Psikologi Islam; Usuli Ijtihadi; Ma’rifatullah
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2016 08:30
Last Modified: 22 Jun 2017 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item