PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SLTP YAMASSA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaichah, Yayuk (1999) PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SLTP YAMASSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang aktifitasnya untuk membantu terhadap pendidikan keluarga, dengan kata lain sekolah juga menggemban tanggung jawab pendidikan anak sebagai amanat dari orang tua selaku penanggung jawab pertama dan utama. Sebagai lembaga formal sekolah tentu saja memiliki sistematika dan kwalitas yang mengarah kepada terbinanya kedewasaan anak. Akan tetapi meskipun demikian halnya, secara optimal sekolah tidak akan mampu untuk mengontrol secara keseluruhan terhadap prilaku anak didik tanpa adanya partisipasi atau keikutsertaan dari pendidikan informal, mengingat peluang, waktu yang tersedia bagi anak didik dilingkungan rumah tangga lebih banyak dibandingkan dengan di sekolah.
Peranan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa ternyata bisa dikatakan cukup baik. Hal ini melihat dari keadaan siswa yang selalu aktif mengikuti pelajaran disekolah yang selalu patuh terhadap aturan aturan sekolah serta taat pada guru dan orang tua. Adapun tingkat kedisiplinan belajar siswa di SLTP YAMASSA semakin meningkat. Hal ini karena adanya kesadaran dari orang tua terhadap belajar siswa untuk mencapai tujuan dari pendidikan di sekolah.
Berdasarkan perhitungan hasil angket sebagaimana diketahui korelasi nilai rxy = 0,772 maka langka selanjutnya membandingkan rxy (ro) dengan besar "r" pada tabel (rt) dengan terlebih dahulu mencari derajat kebebasan (db) dengan rumus db = N – nr yaitu 30 – 2 = 38 lalu db ini dilihat pada tabel yang menunjukkan pada taraf signifikansi 1% =0,463 dan pada taraf signifikansi 5% = 0, 361 dengan demikian nilai rxy lebih besar dari pada nilai yang ada pada tabel (rt). Adapun untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tersebut dapat dilihat dalam interprestasi secara kasar yaitu 0, 772 yang besarnya berkisar antara 0, 600 sampai dengan 0, 800 jadi ada pengaruh peranan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaichah, YayukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Orang tua dan Anak
Keywords: Orang Tua; Kedisiplinan; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2016 08:35
Last Modified: 24 Nov 2016 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item