PENGARUH PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SLTP NEGERI I GALIS BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 1998/1999

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokib, Rokib (1998) PENGARUH PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SLTP NEGERI I GALIS BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 1998/1999. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang disengaja dan terencana dalam mengantarkan manusia untuk menemukan pribadinya sebagai orang dewasa yang berdiri sendiri dan penuh tanggung jawab yang berdasarkan falsafah bangsa, sehingga dirinya mampu untuk mengembangkan daya cipta, rasa dan karsanya demi kemajuan dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara, mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk pribadi manusia yang seutuhnya itulah tujuan yang hendak dicapai dalam pendidikan kita. Tujuan pendidikan nasional tersebut sangat relevan dengan tujuan pendidikan islam. Karena yang menjadi sasaran pendidikan didalam islam adalah berorientasi pada pembentukan iman yang kuat, ilmu yang luas, serta kemampuan beramal saleh dalam arti yang benar dan diridhai oleh Allah swt. Oleh karena itu untuk merealisasikan tujuan pendidikan nasional tersebut, maka peran pendidikan agama khususnya islam sangat diperlukan.
Permasalah yang akan dibahas disini adalah 1). Bagaimana problematika pendidikan islam di SLTP Negeri I Galis Bangkalan pada tahun 1998/1999? 2). Bagaimana prestasi belajar bidang studi PAI siswa SLTPN I Galis Bangkalan Tahun Pelajaran 1998/1999? 3). Adakah korelasi atau pengaruh antara problematika pendidikan islam dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama islam siswa SLTP Negeri I Galis Bangkalan pada tahun pelajaran 1998/1999?
Problematika pendidikan islam merupakan pengaruh penting dalam meningkatkan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama islam siswa SLTP Negeri I Galis Bangkalan meliputi masalah minimnya kurikulum pendidikan agama islam, masalah manajemen, masalah output dan relevansinya, kurangnya sarana dan prasarana. Prestasi belajar bidang studi agama islam siswa SLTP Negeri I Bangkalan pada tahun 1989/1999 adalah baik. Hal ini dapat dilihat pada transkip yang rata rata 60 keatas.
Ada hubungan atau korelasi positif antara problematika pendidikan islam dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama islam. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rXY = 0, 566. berdasarkan tabel nilai "r" product moment pada taraf signifikan 5% = 0, 361 dan pada taraf signifikan 1% = 0, 463 dengan demikian nilai rXY = 0, 566 itu lebih besar dari nilai rt (yang masing masing sama dengan 0, 361 dan 0, 463). Jadi nilai rXY (0, 566) tersebut jika didasarkan pada interprestasi sederhana terletak antara 0, 40 – 0, 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokib, RokibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:39
Last Modified: 24 Nov 2016 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item