Tathwiir Al Tadribat Min Kitab Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah "Al 'Ashriy" Fi Al Fashl Al Dirasiy Al Tsaniy Litanmiyah Maharah Al Kalam Li Thulab Al Fashl Al Sabi' Bi Al Madrasah Al Mutawasithah Al Ula Muhammadiyyah 5 Tulangan - Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hatta, Hizbullah (2016) Tathwiir Al Tadribat Min Kitab Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah "Al 'Ashriy" Fi Al Fashl Al Dirasiy Al Tsaniy Litanmiyah Maharah Al Kalam Li Thulab Al Fashl Al Sabi' Bi Al Madrasah Al Mutawasithah Al Ula Muhammadiyyah 5 Tulangan - Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah merupakan kompetensi salah satu kompetensi inti dalam pembelajaran bahasa arab dinisbatkan sebagai alat komunikasi. Kebanyakan pelajaran bahasa arab yang diajarkan di sekolah berkutat di kompetensi membaca dan qowaid, sehingga pelajar bahasa arab kurang terbiasa dalam kompetensi berbicara. Dengan latar belakang itulah, peneliti mencermati proses pembelajaran bahasa arab yang ada di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo. Peneliti menemukan beberapa masalah yang timbul dalam proses pembelajaran bahasa arab, terutama di dalam pembelajaran berbicara. Kurangnya latihan-latihan khusus keterampilan berbicara dalam buku ajar yang dipakai menjadi hal yang diteliti. Kompetensi berbicara dalam bahasa arab kurang efektif dikarenakan kurangnya materi pembelajaran berbicara, inovasi media pembelajaran, dan pembiasaan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa arab. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam menganalisis hasil PTK peneliti menggunakan rumus uji t serta metode presentase. Dan menetapkan nilai 70 sebagai standar minimal penilain suksesnya penelitian. Proses PTK terjadi menjadi 2 siklus. Siklus yang pertama nilai yang didapat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 menunjukkan rata-rata 62,2 , sehingga peneliti membutuhkan siklus kedua. Di siklus ke dua nilai yang didapat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 menunjukkan rata-rata 84,16. Berdasarkan standar nilai minimal 70 yang ditetapkan, maka peneliti memutuskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Pengembangan Latihan dari kitab pembelajaran bahasa arab “Al ‘Ashriy” semester dua untuk peningkatan kompetensi berbicara siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo” sukses dengan nilai rata-rata siswa 84,16.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hatta, Hizbullahhamindalid91@gmail.comF16214188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorJunaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hatta Hizbullah
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:55
Last Modified: 05 Dec 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item