STUDI TENTANG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAH DI DESA KARANGBONG KEC. GEDANGAN KAB. SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nur Syafa'atul (1999) STUDI TENTANG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAH DI DESA KARANGBONG KEC. GEDANGAN KAB. SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan perbuatan atau tindakan yang diarahkan kepada manusia agar potensi potensi yang dimiliki oleh setiap individu dapat dikembangkan secara nyata. Untuk itu penyelenggaraan pendikan dari jenjang dasar sampai jenjang perguruan tinggi akan tetap diusahakan seoptimal mungkin sampai akhirnya tercapai apa yang dicita citakan suatu bangsa. Madrasah ibtidakiyah merupakan jenjang pendidikan dasar yang apabila berhasil sangat berpengaruh pada jenjang pendidikan selanjutnya (Mts /SLTP). Untuk itu pemerintah memberikan motivasi dengan berusaha meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah terutama pada kesejajarannya dengan lembaga pendidikan umum.
Upaya peningkatan kwalitas pendidikan dasar adalah sangat perlu karena beberapa hal: a). Pendidikan dasar adalah merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat b). Pendidikan dasar adalah tuntunan konstitusi, pasal 31 UUD 1945 yang mewajibkan kepada negara untuk menyelenggarakan satu sistem pendidikan dan pengajaran sehingga pendidikan itu menjadi hak dari stiap warga negara c). Dengan lahirnya UU No 2 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta PP No 28 1990 tentang pendidikan dasar, maka landasan yuridis dan operasional telah tersedia sebagai langkah pertama secara mantab untuk mewujudkan cita cita proklamasi dan mewujudkan bangsa indonesia yang cerdas.
Adapun faktor faktor dari partisipasi masyarakat dalam pengembangan madrasah ibtida'iyah adalah faktor agama, faktor ekonomi dan faktor status sosial.
Sedangkan bantuan bantuan yang diberikan oleh masyarakat karangbong dalam mendukung usaha pembangunan madrasah ibtida'iyah al islah adalah a). Biaya pendidikan, biaya ini meliputi SPP dan sumbangan yang lain seperti sumbangan untuk perbaikan gedung sekolah, sumbangan dalam pemenuhan sarana dan prasarana juga sumbangan yang berupa makanan b). Keterlibatan fisik dilakukan oleh masyarakat misalnya kalau ada undangan dari sekolah maka masyarakat atau wali murid hadir c). Sumbangan pemikiran biasanya diberikan oleh masyarakat ketika ada undangan rapat wali murid, disini wali murid bebas memberikan saran atau kritik terhadap penyelenggaraan lembaga pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nur Syafa'atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Pengembangan Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:26
Last Modified: 23 Nov 2016 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item