STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH YASMU MANYAR GRESIK

Anwar, Mohammad Chairil (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH YASMU MANYAR GRESIK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Pentingnya peranan fiqih dalam kehidupan manusia terutama dalam usaha pengembangan IMTAQ menuntut semakin diperlukannya pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fiqih. Melalui penerapan discovery learning, siswa memiliki pengalaman karena siswa melakukan sesuatu penyelidikan yang memungkinkan mereka untuk menemukan konsep atau prinsip-prinsip fiqih bagi diri mereka sendiri. Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk melatih siswa menyelidiki dan menemukan sendiri sesuatu dari apa yang dipelajari. Dengan berusaha sendiri untuk mencari pemecahan masalah serta pengetahuan yang menyertainya maka akan menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran discovery learning terhadap peningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa? 2) Apakah penerapan strategi pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses siswa? 3) Apakah penerapan strategi pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa?. Penelitian ini merupakan true exsperiment (eksperimen yang betul-betul), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk menjaring data tentang keterampilan proses dan lembar tes untuk menjaring data tentang hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan presentasi keterampilan siswa kelas kontrol pada pertemuan 1 = 42%, pertemuan 2 = 45%, pertemuan 3 = 46%. Sedangkan presentasi keterampilan siswa kelas eksperimen pertemuan 1 = 57%, pertemuan 2 = 72%, pertemuan 3 = 91%. Dapat disimpulkan bahwa presentasi peningkatan keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selanjutnya penerapan strategi pembelajaran discovery learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas X madrasah aliyah Yasmu Manyar Gresik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dibandingkan dengan penerapan strategi konvensional. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh peneliti, yakni dari uji hipotesis nilai belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dihasilkan nilai Sig. 0.000 < 0.01 sehingga Ho ditolak dan yang diterima adalah Ha. Kesimpulannya penerapan strategi discovery learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran fiqih di madrasah aliyah Yasmu Manyar Gresik.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anwar Mohammad Chairil
Date Deposited: 02 Dec 2016 03:19
Last Modified: 02 Dec 2016 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item