PENGARUH PENERAPAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS MA’ARIF ASSA’ADAH II SAMPURNAN BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masbahah, Nurul (2000) PENGARUH PENERAPAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS MA’ARIF ASSA’ADAH II SAMPURNAN BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu proses belajar mengajar terdapat kegiatan evaluasi, evaluasi adalah suatu kegiatan untuk mengatahui apakah proses belajar mengajar itu telah mencapai tujuan yang sudah ditetapkan atau belum diketahui berhasil atau tidaknya sebelum dilakukan evaluasi, karena evaluasi mutlak diperlukan dalam proses belajar mengajar. Dengan evaluasi yang baik dan menyeluruh akan dapat mengetahui apa yang diinginkan dari kegiatan belajar mengajar. Suatu evaluasi dikatakan baik jika mempunyai kreteria kreteria. Kreteria evaluasi yang baik menurut Nasrun Harahap dalam bukunya teknik penilaian hasil belajar adalah validitas, obyektifitas, practicability. Dari evaluasi yang baik itulah akan dapat memberikan motivasi baik kepada siswa maupun guru.
Rumusan masalah pada pembahasan ini yaitu 1). Bagaimana penerapan evaluasi pendidikan agama islam di madrasah tsanawiyah assa'adah II sampurnan bungah gresik? 2). bagaimana keberhasilan belajar pendidikan agama islam di madrasah tsanawiyah ma'arif assa'adah Ii sampurnan bunga gresik? 3). Adakah pengaruh penerapan evaluasi pendidikan agama islam terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama islam di madrasah tsanawiyah ma'arif assa'adah II sampurnan bungah gresik?
Pada pembahasan ini penerapan evaluasi pendidikan agama islam disini adalah evaluasi formatif yang dilakukan oleh guru pada akhir proses belajar mengajar. Yang dimaksud dengan keberhasilan belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbul, angka, huruf maupun kalimat yang mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh tiap siswa dalam waktu atau periode tertentu. Pendidikan agama islam adalah membina dan mendasari kehidupan anak didik dengan nilai nilai agama dan sekaligus mengajarkan ilmu agama islam sehingga ia mampu mengamalkan syari'at islam secara benar sesuai pengetahuan agama.
Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa penerapan evaluasi pendidikan agama islam ada pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar pendidikan agama islam, hal ini terbukti dari hasil analisa dengan rumus chi kwadrat yang menghasilkan angka 2,33. Nilai tersebut jika dibandingkan dengan nilai chi kwadrat pada tabel signifikasi 5% (3,84) maka nilai hasil perhitungan lebih besar dari variabel yang berarti ada pengaruh tapi hal ini pengaruhnya kecil. Dari hasil prestasi belajar pendidikan gama islam siswa di Mts ma'arif assa'adah II sampurnan bungah gresik adalah baik, hal ini bisa dilihat pada nilai rata rata siswa yang berkisar 7 sampai 9.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masbahah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Evaluasi; Pendidikan; Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:57
Last Modified: 17 Nov 2016 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item