Radikalisasi dan deradikalisasi pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas: study multi kasus di SMAN 3 Lamongan dan SMK NU Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abror, Mufidul (2016) Radikalisasi dan deradikalisasi pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas: study multi kasus di SMAN 3 Lamongan dan SMK NU Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidul Abror_F03214027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan dan radikalisme mempunyai keterkaitan yang erat, bahwa ideologi radikal dapat di transformasikan orang atau golongan melalui berbagai aspek dan sendi kehidupan, terlebih pendidikan. Dengan bukti banyaknya aksi radikal dari kalangan pelajar. fokus kajian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan materi yang berpotensi menimbulkan faham radikal pada buku PAI untuk SMA yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2014, dan usaha faktor pendukung dan penghambat deradikalisasi di SMAN 3 dan SMK NU Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini adalah bahwa ada muatan radikal dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI, bab "Tokoh-tokoh Pembaharuan Dunia Islam Masa Modern" yang memuat pendapat Muhammad bin Abd wahab. dan kelas X, bab "Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah, sub bab "Mengkritisi Sekitar Kita". Adapun deradikalisasi di SMAN 3 Lamongan dilakukan dengan cara Formal dan Non Formal. Faktor Pendukungnya adalah Terkordinasinya guru PAI dan dukungan dari pihak sekolah. faktor Penghambatnya adalah Minimnya bobot dan waktu pelajaran PAI serta. Belum adanya ekstra kulikuler keagamaan. Sedangkan deradikalisasi di SMK NU Lamongan dilakukan dengan kegiatan ekstra kulikuler dan kegiatan yang berdasarkan kebijakan sekolah. Dengan Faktor Pendukung adanya kesamaan ideologi di lingkungan sekolah, larangan mengikuti kegiatan yang berlainan dengan visi misi dan ediologi sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum terbentuknya kegiatan dan sarana untuk mengontrol dan mengawasi siswa selama 24 jam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abror, Mufidulmufidulabror1986@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Radikal dan Radikalisme
Uncontrolled Keywords: Radikalisasi; deradikalisasi; pendidikan agama Islam; Sekolah Menengah Atas
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abror Mufid
Date Deposited: 18 Nov 2016 08:06
Last Modified: 12 Nov 2018 08:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item