THE ROLE OF REFLECTION IN SOLVING THE PROBLEM OF TEACHING AND LEARNING PROCESS : A STUDY AT MICROTEACHING CLASS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT

Anam, Khoirul (2016) THE ROLE OF REFLECTION IN SOLVING THE PROBLEM OF TEACHING AND LEARNING PROCESS : A STUDY AT MICROTEACHING CLASS OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Saat ini, Refleksi telah ditetapkan sebagai metode dalam pengembangan profesional guru. Fenomena ini memotivasi universitas di Indonesia termasuk UIN Sunan Ampel Surabaya untuk membuat dan mewajiban para mahasiswa untuk menggunakan refleksi di kelas microteaching mereka terutama pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Selanjutnya, kelas microteaching telah ditetapkan sebagai salah satu kurikulum untuk memberikan pengalaman tentang mengajar bagi rekan-rekan mahasiswa. mahasiswa yang berpartisipasi dalam kelas microteaching disebut pre-service teacher. Banyak dari mereka menghadapi beberapa masalah pada praktek belajar dan mengajar. Dalam rangka untuk membantu mereka menghadapi masalah, refleksi dapat digunakan sebagai alat dalam memecahkan masalah. Dalam hal tersebut, tesis ini membahas tentang masalah yang dihadapi oleh pre-service teacher dan peran refleksi dalam memecahkan masalah mereka pada proses belajar mengajar. Pengaturan dari penelitian ini adalah UIN Ampel Surabaya dan subject penelitian diambil dari adalah 10 mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif; dengan menggunakan metode berupa dokumentasi, kuesioner dan observasi. Dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data tentang masalah pre-service teacher dalam proses belajar mengajar berdasarkan refleksi mereka. Sementara itu, kuesioner dan observasi digunakan untuk mendapatkan peran refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah pre-service teacher dalam proses belajar mengajar berada dalam: instruksi, tujuan, evaluasi, penilaian, konten, materi, metode, teknik dan kendala yang lain. Selain itu, peran refleksi dalam memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar adalah; refleksi sebagai alat untuk memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar mengajar, refleksi sebagai penilaian guru, diinformasikan dari saran, analisis dan persepsi dari pengamat lainnya, refleksi sebagai evaluasi diri dan refleksi sebagai pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bahasa Inggris
English Learning
Guru
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Anam Khoirul
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:04
Last Modified: 17 Nov 2016 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item