DAKWAH MELALUI RADIO : KAJIAN TENTANG PERAN DAN PROGRAM RADIO SWARA DAKWAH (RASDA) SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI PRENDUAN SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidi, Rosyidi (2016) DAKWAH MELALUI RADIO : KAJIAN TENTANG PERAN DAN PROGRAM RADIO SWARA DAKWAH (RASDA) SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI PRENDUAN SUMENEP. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam tesis ini, yaitu: (1) Bagaimana peran Radio Swara Dakwah (RASDA) sebagai media dakwah di Prenduan Sumenep, (2) Bagaimana Program Radio Swara Dakwah (RASDA) sebagai media dakwah di Prenduan dan sekitarnya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dimulai dengan interview dan dokumentasi, melalui metode analisis deskriptif untuk mendapatkan hasil peneltian ini mampu menjawab persoalan yang sudah terjadi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Peran Radio Swara Dakwah (RASDA) sebagai media dakwah di Prenduan Sumenep adalah untuk menanamkan nilai-nilai keislaman yang bermoral Islami dengan terwujudnya kehidupan masyarakat yang beragama dengan jangkauan yang lebih luas, karena kebanyakan dari mereka sangat menyetujui keberadaan Radio Swara Dakwah (RASDA) dengan respon yang sangat positif, akan tetapi alasan keberadaan Radio Swara Dakwah (RASDA) adalah sebagai media dakwah yang jangkauannya lebih luas dalam menyampaikan materi dakwah, sebab dakwah melalui radio merupakan peran yang sangat efektif dalam kehidupan sehari-hari yang disiarkan langsung oleh Radio Swara Dakwah (RASDA) di Prenduan Sumenep, (2) Program Radio Swara Dakwah (RASDA) sebagai media dakwah seperti sapa dan nada, syi’ar dan sya’ir, dialoq Interaktif, ceramah Agama, tambenah ate, pengajian fikih dan tafsir, Al-Amien news, sehati, hikmah fajar, gema pesantren, paribahsan madura, bina bahasa, pesan para da’i, tasmi’ live, pengajian kitab kuning, adzan lima waktu dan sebagainya. Karena semua program yang ada di Radio Swara Dakwah (RASDA) adalah sebagai alat sarana untuk membangun dan mengembangkan masyarakat dalam menyiarkan syiar-syiar Islam yang sudah dikemas secara variatif dan inovatif. Maka Aktivitas dakwah berupaya mengubah suatu keadaan masyarakat yang buruk menjadi baik, sehingga Radio Swara Dakwah (RASDA) bisa memberikan motivasi untuk bisa menyadarkan umat Islam dari masa kemasa dalam menyiarkan visi dan misi Islam demi majunya umat untuk lebih baik, karena program acara ini memegang peranan penting sebagai penunjang untuk memotivasi masyarakat dalam kehidupan bertetangga, beragama dan berbudaya, juga akan menjadi pemantap dalam penghayatan dan pengalaman nilai-nilai ajaran agama terhadap masyarakat dan sebagai serana dakwah dalam mengembangkan dan menyebarkan ajaran Islam yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidi, Rosyidinajika.99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Bimbingan Konseling
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rosyidi Rosyidi
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:53
Last Modified: 23 Nov 2016 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item