PROBLEMA PEMBINAAN AKHLAK ANAK BAGI IBU BERPROFESI GURU SERTA UPAYA MENGATASINYA: STUDI KASUS IBU- IBU GURU SDN KUTISARI I NO. 268 KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rositasari, Diah (2000) PROBLEMA PEMBINAAN AKHLAK ANAK BAGI IBU BERPROFESI GURU SERTA UPAYA MENGATASINYA: STUDI KASUS IBU- IBU GURU SDN KUTISARI I NO. 268 KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah suatu elemen yang fundamental sekali bagi manusia, oleh karena itu rasulullah membawa misi yang utama adalah akhlak, dimana beliau berusaha mentransformasikan moral dan spritual dalam kehidupan manusia. Berbicara masalah akhlak maka tidak lepas pula pada masalah pembinaan akhlak, karena akhlak itu akan terbentuk sesuai dengan proses pembentukannya, dan salah satunya melalui pembinaan. Oleh sebab itu pembinaan akhlak haruslah dilakukan sedini mungkin dan dimulai dari keluarga, dimana keluarga merupakan institusi terkecil dari masyarakat dan sekaligus tempat interaksi pertama dari individu. Keluarga juga merupakan penentu generasi mendatang, baik buruknya generasi yang akan datang sangat ditentukan oleh situasi dan kondisi dalam keluarga.
Pada pembahasan ini rumusan masalahnya adalah 1). Bagaimana pembinaan akhlak anak bagi ibu yang berprofesi guru di sekolah dasar negeri kutisari I No. 268 surabaya? 2). Problema apa yang dihadapi dalam pembinaan akhlak anak bagi ibu yang berprofesi guru di sekolah dasar negeri kutisari I No. 268 surabaya? 3). Upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi problema problema diatas?
Pada pembahasan ini digunakan penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian sekedar untuk menggambarkan sebuah variabel yang berkenaan dengan masalah yang diteliti tanpa mempermasalahkan hubungan antar variabel. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini tidak menggunakan sampling random atau acak dan tidak menggunakan populasi serta sampling yang banyak, samplingnya biasanya sedikit dan dipilih menurut tujuan penelitian.
Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembinaan akhlak anak dalam keluarga oleh ibu berprofesi guru SDN Kutisari I belum dapat dikatakan sempurna. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak anak masih berorientasi pada akhlak terhadap makhluk seperti saling menghormati, saling menyayangi dan lain lain.
Pada dasarnya pembinaan akhlak anak yang dilakukan ibu berprofesi guru SDN Kutisari I menghadapi beberapa kendala atau problema diantaranya anak merasa kurang diperhatikan, lingkungan pendidikan anak kurang religius dan kurangnya pengetahuan keagamaan ibu. Adapun upaya yang dilakukan ibu berprofesi guru SDN Kutisari I dalam mengatasi problema tersebut diatas adalah memperhatikan anak, mengarahkan anak pada perasaan beragama dan menambah pengetahuan keagamaan ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rositasari, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Anak
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Anak; Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:06
Last Modified: 17 Nov 2016 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item