Tathwir Mawad Ta'lim Maharah Al Istima' Ala Al Asas Al Taqny Li Al Thulab Fi Al Fashl Al Asyir Bi Madrasah Manba'ul Ma'arif Al Tsanawiyah Al Islamiyah Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Miftahul (2016) Tathwir Mawad Ta'lim Maharah Al Istima' Ala Al Asas Al Taqny Li Al Thulab Fi Al Fashl Al Asyir Bi Madrasah Manba'ul Ma'arif Al Tsanawiyah Al Islamiyah Denanyar Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Rab di MA Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang masih menggunakan buku bahan ajar kurikulum 2013 Kementrian agama RI. Buku tersebut tidak dilengkapi oleh kaset yang mencakup materi istima’, pembelajaran maharah istima’ masih bercampur dengan pembelajaran maharah qiro’ah dan maharah kitabah, karena tadribat di dalamnya hanya menggunakan tes-tes isei. Dari permasalahan-permasalahan tersebut penulis ingin membuat materi ajar yang kontemporer yang berbasis teknologi sehingga mampu mengatasi masalah pembelajaran di Madrasah ini dan membantu para guru khususnya dalam pembelajaran istima’. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar Istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun samplenya adalah siswa-siswi kelas X Ma Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) karakteristik materi ajar yang dikembangkan adalah menyajikan kemampuan bahasa Arab khususnya maharah istima’, sekiranya siswa mampu memahami makna teks yang diperdengarkan. 2) ditemukan adanya efektifitas dari materi istima’ yang telah dikembangkan, dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai Pretest dan post test, didasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,262 < 14, 956)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Miftahul--F06214084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Maharah istima’; pengembangan bahan ajar; asas teknologi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2016 08:14
Last Modified: 11 Dec 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item