Konsep integratif-interkonektif Pendidikan Agama Islam dan sains : studi multi kasus di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasiruddin, Nasiruddin (2015) Konsep integratif-interkonektif Pendidikan Agama Islam dan sains : studi multi kasus di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pandangan bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah bersifat monolitik, dan kurang menyentuh dengan realitas mata pelajaran lain khususnya sains yang dipelajari oleh siswa. Akibatnya tidak ada hubungan antara agama dan sains yang dipahami siswa, agama sendiri dan sains sendiri. Disertasi ini mengkaji tentang bagaimana konsep integratif-interkonektif Pendidikan Agama Islam dan sains di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta? Bagaimana proses pelaksanaannya? Dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambatnya? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana konsep dan pelaksanaan integrasi antara pendidikan Agama Islam dan sains di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim, SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, beserta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Secara teoritis Islam tidak mengklasifikasi ilmu agama dan ilmu umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini juga sesuai untuk meneliti kondisi alamiah, dan peneliti terlibat langsung di dalamnya (partisipatoris). Teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, dan hasil analisis datanya lebih menekankan pada generalisasi makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep integratif-interkonektif adalah model pendidikan yang berusaha menyatukan antara pendidikan agama dan pendidikan umum, atau pendidikan yang tidak memisah-misahkan antara kesadaran agama dan ilmu pengetahuan. Pelaksanaan pendidikan integratif-interkonektif PAI dan sains di MA Wahid Hasyim, SMA Negeri 1 Kalasan dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta Secara Menyeluruh memakai konsep yang mengintegrasikan dan menginterkoneksikan PAI dengan sains dan ada sebagian kecil dari guru yang tidak mengintegrasikannya. Faktor-faktor tercapainya integrasi adalah visi-misi sekolah Islami serta adanya tenaga pengajar yang saling mendukung. Sedangkan faktor penghambat konsep ini adalah karena perbedaan wawasan tenaga Pengajar, kurang adanya koordinasi, kurang adanya dukungan dari guru lain dan karena latar belakang siswa yang berbeda. Dari kajian ini, paling tidak ada tiga implikasi pokok yang dapat dicermati. Pertama, implikasi bagi pengembangan teori dan kurikulum yang berbasis Integrasi sains dan agama. kedua, Implikasi terhadap konsep Pendidikan. Ketiga, Implikasi terhadap Pengembangan pendidikan secara luas. Konsep integratif-interkonektif ini diajarkan kepada Siswa dan mahasiswa di berbagai mata pelajaran dan matakuliah dari berbagai lembaga Pendidikan, yakni dengan cara memadukan dan menyatukan berbagai ilmu pengetahuan dengan ilmu Pendidikan Agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasiruddin, Nasiruddintrue_choice123@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Konsep integratif-interkonektif; Pendidikan Agama Islam; sains
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2016 08:08
Last Modified: 02 Oct 2017 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item