TATHBIIQ LA’BAH TYPED GAME LITARQIYAH MAHAARAH AL-KITAABAH FI AL-SHAFF AL-TSAAMIN BI AL-MADRASAH AL-MUTAWASSITHAH LIMUASSISAH DARUSSALAM AL-ISLAMI 2 MOROWUDI GRESIK

Maulida, Citra Puspita (2014) TATHBIIQ LA’BAH TYPED GAME LITARQIYAH MAHAARAH AL-KITAABAH FI AL-SHAFF AL-TSAAMIN BI AL-MADRASAH AL-MUTAWASSITHAH LIMUASSISAH DARUSSALAM AL-ISLAMI 2 MOROWUDI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang penting untuk di pelajari, dengan demikian kita akan lebih mudah memahami isi kandungan Al qur’an. Untuk mendapatkan kemampuan siswa dalam mempelajari Bahasa Arab di butuhkan metode pembelajaran yang relevan dengan kemampuan mereka sehingga mereka merasa senang untuk mempelajarinya. Seperti : metode dikte / imla’, metode langsung, hiwar, hafalan dan lain sebagainya.
Seorang guru hendaklah menggunakan metode yang baik, bervariasi dan menyenangkan serta menjadikan siswa aktif dan mahir dalam berbahasa, khususnya dalam menulis bahasa Arab.
Salah satu metode baru yang di anggap menarik dalam belajar Bahasa Arab adalah Metode edukatif dalam pembelajaran bahasa arab, salah satu metode edukatif yang menarik dalam pembelajaran bahasa arab adalah “Permainan Typed Game”. Dengan menggunakan metode ini dapat membantu siswa untuk memperbanyak kosa kata arab dan dapat membantu seorang guru untuk lebih mudah dalam membimbing peserta didik untuk menulis bahasa arab dengan bagus dan benar, kemudian dengan kosa kata bahasa arab tersebut siswa dapat belajar membuat sebuah kalimat sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan Typed Game dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa arab di SMP YPI Darussalam 2 Morowudi Gresik. Pada hakikatnya, menulis merupakan salah satu sarana berkomunikasi dengan bahasa antara orang dengan orang lainnya yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat.Dalam hal ini, seorang guru mengajarkan menulis bahasa arab dengan muwajjah (terbimbing). Tahapan ini adalah tahapan awal siswa dalam menulis kosa kata, yang mana guru membantu dan membimbing siswa untuk menulis kosa kata bahasa arab dengan tulisan yang tepat dan benar.
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, uji tes dengan mengambil 43 siswa kelas VIII sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang di kehendaki maka di gunakan rumus Uji T ( T test). N=43 tt 1%= 2,704 5%=2,21 t0 = 13, 14, hal ini menunjukkan adanya penerapan permainan Typed Game untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas dua di SMP YPI Darussalam 2 Morowudi Gresik

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Afifuddin Dimyati
Uncontrolled Keywords: Permainan Typed Game; Keterampilan menulis
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 00:25
Last Modified: 18 Mar 2015 01:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item