Tinjauan hukum Islam terhadap praktek utang piutang barang dagangan dan pembayarannya di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Fiskiyatur (1992) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek utang piutang barang dagangan dan pembayarannya di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia yang beragama Islam berkewajiban dan merasa terikat pada hukum-hukum Allah (Al-Qur’an dan As-Sunnah) ketika melaksanakan aktifitasnya. Salah satu upaya dan usaha yang dapat diwujudkan dalam rangka memanfaatkan fasilitas sekaligus memenuhi tuntunan pedoman hidup yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah Utang-Piutang. Dalam dunia kenyataan banyak terdapat orang-orang beragama Islam melakukan utang piutang dengan berbagai macam cara dan bentuknya, demikian pula dengan cara membayarnya. Keadaan yang demikian dapat diumpai pada masyarakat kecamatan Sidoarjo. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Bagaimana deskripsi tentang praktek utang-piutang barang dagangan dan pembayarannya di kelurahan Celep dan Pekauman di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo tahun 1991, 2). Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktek utang-piutang barang dagangan dan pembayarannya di Kelurahan Celep dan Pekauaman di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1). Pedagang yang memberikan pinjaman (piutang), untuk data pelaksanaannya utang piutang barang dagangan meliputi ; memberikan utang, melakukan ijab qabul dan menerimapengeambalian utang. 2). Pedagang yang diutangi, dipergunakan untuk memperoleh data tentang menerima pemberian utang, melakukan ijab qabul dan mengembalikan utang. Teknik penggalian datanya dengan wawancara (interview). Langkah berikutnya adalah data dianalisis secara kwalitatif dengan dengan cara Editing dan Tabulating. Adapun bahasan hasil penelitian menggunakan metode Induktif dan Metode Komparatif. Kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). Utang piutang barang dagangan adalah merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan pedagang di Kelurahan Celep dan Kelurahan Pekauman untuk mengembangkan aktifitas perdagangan dalam hal pemasaran yang dalam prakteknya memakai tata cara; pemberian utang, ijab qabul dan pengembalian utang. 2). Praktek utang piutang barang dagangan dan pembayaran di Kelurahan Celep dan Kelurahan Pekauman di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo tidak terdapat adanya penyimpangan dari hokum Mu’amalat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Fiskiyatur--018715340
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAR, Masdhuha----
Subjects: Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Utang Piutang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2016 06:37
Last Modified: 27 Feb 2020 06:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14210

Actions (login required)

View Item View Item