FA’AALIYYAH ISTIKHDAAM AL-BARNAAMAJ “ARABINDU” LITARQIYYAH MAHAARAH AL-ISTIMAA’ LITHULLAAB AL-FASHL AL-HAADI ASYR BILMADRASAH AL-AALIYAH BILINGUAL KRIAN SIDOARJO

Solichin, Mochamad (2014) FA’AALIYYAH ISTIKHDAAM AL-BARNAAMAJ “ARABINDU” LITARQIYYAH MAHAARAH AL-ISTIMAA’ LITHULLAAB AL-FASHL AL-HAADI ASYR BILMADRASAH AL-AALIYAH BILINGUAL KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak adalah salah satu keterampilan bahasa yang penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran Istima’ di sekolah ini hanya menggunakan metode langsung dan penerapannya menggunakan suara langsung dari guru. Untuk itu, Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual krian Sidoarjo membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada materi keterampilan menyimak, maka dipilihlah program Arabindo sebagai media pembelajaran berbantu komputer untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswadi sekolah ini.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penggunaan program “Arabindo” dalam pembelajaran mendengar di kelas XI di MA Bilingual Krian Sidoarjo, 2) Bagaimana keterampilan mendengar siswa kelas XI di MA Bilingual Krian Sidoarjo, dan 3) Bagaimana efektifitas penggunaan program “Arabindo” dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas XI di MA Bilingual Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada 29 siswa kelas XI di kelas eksperimen sebagai sampelnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi, interview, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis presentase dan uji T tes. Berdasarkan rumusan masalah dan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan Arabindo sebagai media pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan cukup baik dan sesuai dengan keadaan siswa, 2) keterampilan menyimak siswa di sekolah ini baik berdasarkan nilai pre test yang dilakukan peneliti, 3) adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media Arabindo, yakni
berdasarkan analisis hasil t tes diperoleh 6,636 dan t table pada taraf signifikansi 5 % adalah 2,76.
Dengan demikian nilai T hitung lebih besar dari nilai T table (6,636 > 2,76) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya efektifitas penggunaan program Arabindo antara sebelum digunakan dan sesudah digunakannya program Arabindo sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas XI di MA Bilingual Krian

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moh. Thohir
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Program Arabindo; Keterampilan Menyimak
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2015 08:46
Last Modified: 17 Mar 2015 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item