Tathwir Madah Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah Li Tanmiyah Maharah Al Istima' Fi Al Marhalah Al Mutawasithah Fi Al Ma'had Bustanus Sholawat Al Islami Bi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahah, Siti Fitrotul (2016) Tathwir Madah Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah Li Tanmiyah Maharah Al Istima' Fi Al Marhalah Al Mutawasithah Fi Al Ma'had Bustanus Sholawat Al Islami Bi Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Bustanus Sholawat tingkat pertengahan Sawahan Surabaya masih menggunakan buku bahan ajar kurikulum 2013 Kementrian agama RI. Buku tersebut tidak dilengkapi oleh kaset yang mencakup materi istima’, pembelajaran maharah istima’ masih bercampur dengan pembelajaran maharah qiro’ah dan maharah kitabah, karena latihan soal di dalamnya hanya menggunakan tes-tes isai. Dari permasalahan-permasalahan tersebut penulis ingin membuat materi ajar yang kontemporer khusus pengembangan keterampilan mendengar sehingga mampu mengatasi masalah pembelajaran di Pesantren ini dan membantu para guru khususnya dalam pembelajaran istima’. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar Istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun samplenya adalah santri tingkat pertengahan di Pesantren Bustanus Sholawat Sawahan Surabaya yang berjumlah 25 santri. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) karakteristik materi ajar yang dikembangkan adalah menyajikan kemampuan bahasa Arab khususnya keterampilan istima’, sekiranya siswa mampu memahami makna teks yang diperdengarkan. 2) ditemukan adanya efektifitas dari materi istima’ yang telah dikembangkan, dibuktikan dengan adanya perubahan dari nilai Pretest dan post test, didasarkan atas perbandingan t-hitung dan t-tabel yang menunjukkan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2.064< 16. 543)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahah, Siti Fitrotulfitroh439@gmail.comF06214093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Falahah Siti Fitrotul
Date Deposited: 03 Nov 2016 08:13
Last Modified: 13 Nov 2019 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item