Manuskrip Islam Koleksi Prof. Dr. H. Saidun Fiddaroini, MA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyad, Amiq (2016) Manuskrip Islam Koleksi Prof. Dr. H. Saidun Fiddaroini, MA. Jaudar Press, Jl. Jemur Wonosari Lebar 61 Wonocolo Surabaya. ISBN 978-602-1377-74-1 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Naskah pesantren sebagai objek kajian akademik belum banyak dilakukan oleh akademisi perguruan tinggi di Indonesia. Universitas non-IAIN yang memiliki tradisi kajian filologi cukup kuat, maupun di lingkungan IAIN yang memiliki tradisi kajian filologis kurang begitu kuat ketika menjadikan naskah Islam sebagai objek kajian cukup menjadikannya sebagai sumber sejarah. Koleksi manuskrip Islam yang kini menjadi koleksi Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA pertama kali saya saksikan pada saat jurusan Sejarah dan Peradaban Islam (kini menjadi jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam) meminjam koleksi tersebut untuk dijadikan bahan pembelajaran Filologi yang saat itu diampu oleh Drs. Masyhudi, M. Ag. Koleksi tersebut disimpan di ruangan Dekan Fakultas Adab. Kemudian dipindah ke ruangan Laboratorium SPI. Sayangnya keberadaannya di Fakultas Adab belum dioptimalkan penggunaannya, di karenakan belum dimilikinya tenaga yang memadai. Penelitian ini menjadikan naskah keagamaan Islam yang menjadi koleksi pribadi Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA sebagai objek penelitian. Penelitian ini akan melakukan dua hal. Yang pertama adalah melakukan deskripsi kodikologis dan filologis terhadap koleksi naskah keagamaan, dan yang kedua melakukan digitalisasi keseluruhan naskah keagamaan yang menjadi koleksi Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA. Laporan penelitian ini disusun dalam 5 bab. Bab pertama berisi pendahuluan yang akan menjelaskan rasionalitas penelitian dilakukan. Bab kedua dari laporan ini dilanjutkan dengan sejarah koleksi naskah keagamaan yang dimiliki oleh Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA. Pada bab ini dijelaskan asal usul dari koleksi hingga berada di tangan keluarga Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA sekarang ini. Selanjutnya, pada bab yang sama akan dijelaskan karakteristik umum dari koleksi tersebut. Bab ketiga menjelaskan prosedur penelitian yang dilakukan peneliti selama mengerjakan penelitian ini. Kemudian bab keempat dilanjut dengan deskripsi kodikologis dan filologis dari naskah keagamamaan yang menjadi objek penelitian ini. Deskripsi tersebut merupakan handlist dari koleksi naskah keagamaan yang menjadi koleksi Prof. Dr. Saiddun Fiddaroini, MA. Akhirnya penelitian ini ditutup dengan sebuah kesimpulan dari penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyad, Amiqa_ahyad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manuskrip
Uncontrolled Keywords: Naskah Islam; manuskrip Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:04
Last Modified: 04 Nov 2019 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item