SYAKHSHIYYAT AL-ASYKHASH INDA SIGMUND FRUED FI RIWAYAH AL- RAJUL AL-LADZI AMANA LINAJIB AL-KAILANI : DIRASAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH

Putri Isdamanto, Pretty (2014) SYAKHSHIYYAT AL-ASYKHASH INDA SIGMUND FRUED FI RIWAYAH AL- RAJUL AL-LADZI AMANA LINAJIB AL-KAILANI : DIRASAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Novel “Arrajul al Lazi Amana” adalah salah satu novel karya Najib Kaelani. Dalam novel ini Najib Kaelani Melukiskan tentang penemuan hidup baru. Lingkungan lama yang serba modern ternyata tidak memberikan Iryan kebahagiaan. Kemajuan yang telahdigapai Barat justru melahirkan keterasingan baginya. Maka dia memilih pergi ke Timur untuk menemukan jalan baru. Sesampai di Timur, dia mendapatkan yang diinginkan. Keyakinan lama, Kristen. Ditinggalkan untuk memeluk keyakinan baru, Islam. Setelah memeluk keyakinan baru inilah dia mendapatkan cahaya kalbu, yang mengubah jalan hidupnya. Dia tinggalkan ketenaran dan gemerlap dunia music. Dia memilih bersunyi diri di jalan Tuhan. Dendang music dia ubah menjadi dendang pada Tuhan, hingga dia mendapatkan kebahagiaan sejati.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh-tokoh di dalam novel “Arrajul al Lazi Amana”.Adapun focus permasalahan yang dipaparkan dalam pembahasan ini adalah: 1). Berapa jumlah tokoh dalam novel “Arrajul al Lazi Amana” karya Najib Kaelani?, 2) Bagaimana karakter tokoh-tokoh menurut teori Sigmund Frued dalam novel “Arrajul al Lazi Amana” karya Najib Kaelani?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan dari teks dalam novel.
Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan teori psikoanalisa Sigmund Frued yang menitikberatkan pada pemahaman karakter dan dinamika kepribadian seseorang atau khususnya pada tokoh-tokoh dalam novel “Arrajul al lazi Amana”. Karena kisah ini tentang penemuan hidup baru pada novel “Arrajul al Lazi Amana” tersebut banyak mengundang unsur-unsur psikis.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: 1). Jumlah tokoh yang terdapat dalam novel “Arrajul al Lazi Amana” ada 10 (sepuluh) tokoh. Yang terbagi dalam tokoh utama yaitu Iryan, Syams, Sofia, Benito, Ayah Iryan (Carlo) dan tokoh pembantu yaitu Ali, Maisun, Saqar, Syaikh id al Husaini, Ibu Iryan.,
2). Karakter psikologi kepribadian menurut Sigmund Frued yang dianalisis pada tokoh-tokoh dalam novel “Arrajul al Lazi Amana” sedikitnya yang mendominasi aspek id dengan tokoh-tokohnya yaitu Iryan, Syams, Ayah Iryan (carlo). Dan standarnya yang mendominasia spek ego dengan tokoh-tokohnya yaitu Iryan, Sofia, Syams, Benito, Ayah Iryan (carlo). Dan kebanyakan yang mendominasi aspek superego dengan tokoh-tokohnya yaitu Iryan, Sofia, Syams, Benito, Ayah Iryan (carlo).

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Haris Shofiyuddin
Uncontrolled Keywords: Karakter Tokoh; Sigmund Frued; Novel
Subjects: Kesusastraan > Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 08:45
Last Modified: 03 Feb 2015 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item