PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN ILMU FALAK DENGAN MENERAPKAN FUNGSI TRIGONOMETRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulaichah, Siti (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN ILMU FALAK DENGAN MENERAPKAN FUNGSI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implentation), dan evaluasi (evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik. Metode validasi digunakan untuk memperoleh tentang keabsahan dan kelayakan perangkat pembelajaran, metode angket digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif, dan metode tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah mendapatkan materi pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknis reduksi data. Hasil uji coba dalam tahap pengembangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi para ahli menunjukkan nilai kevalidan 3,76 untuk RPP dan 3,25 untuk LKS. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 77,08%. Hal ini berarti siswa merespon dengan baik proses pembelajaan kooperatif yang dilakukan guru di dalam kelas. Sedangkan tes hasil belajar menunjukkan 76,7% siswa telah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan yaitu sejumlah 23 siswa dan 23,3% siswa belum mencapai kompetensi atau belum tuntas secara individual yaitu sejumlah 23,3%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulaichah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Falak
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran; alat pembelajaran; pembelajaran kooperatif; fungsi trigonometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:07
Last Modified: 01 Dec 2017 15:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14096

Actions (login required)

View Item View Item