KOMPARASI ANTARA KONSEP KURIKULUM 2013 DAN KONSEP PENDIDIKAN IBN SINA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chodry, Mohammad (2014) KOMPARASI ANTARA KONSEP KURIKULUM 2013 DAN KONSEP PENDIDIKAN IBN SINA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana komparasi
atau perbandingan konsep kurikulum 2013 dan konsep pendidikan Ibn Sina.
Penelitian ini seluruhnya berdasarkan atas kajian pustaka atau studi literer, yaitu
telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya
bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka
yang relevan dengan penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian
yang tidak mengadakan perhitungan data secara kuantitatif, melainkan
mendeskripsikan konsep kurikulum 2013 dan pemikiran Ibn Sina tentang
pendidikan. Metode dokumentasi merupakan alat pengumpul data utama yang
digunakadalam penelitian ini dan interview (wawancara) sebagai pelengkap.
Persamaan antara konsep kurikulum 2013 dan konsep pendidikan Ibn Sina
terletak pada tujuan pendidikan, evaluasi, dan guru. Tujuan pendidikan
menghendaki terbentuknya anak didik yang berilmu pengetahuan, memiliki
keterampilan, dan berakhlak. Evaluasi mencakup ranah kognitif, psikomotor, dan
afektif. Guru berperan sebagai fasilitator dan mengarahkan anak didik dalam
proses pembelajaran.
Adapun perbedaan antara konsep kurikulum 2013 dan konsep pendidikan
Ibn Sina terletak pada struktur kurikulum dan metode pembelajaran dalam proses
pendidikan. Struktur kurikulum dan metode pembelajaran kurikulum 2013
didesain untuk pendidikan nasional. Sedangkan struktur kurikulum dan metode
pembelajaran pada konsep Ibn Sina didesain untuk pendidikan Islam.
Analisis penulis bahwa konsep kurikulum 2013 dan konsep pendidikan Ibn
Sina sesuai dengan pendidikan Islam. Di mana komponen-komponennya, mulai
dari tujuan pendidikan, struktur kurikulum, metode pembelajaran, evaluasi
pendidikan, sampai dengan konsep guru tidak bertentang dengan pendidikan
Islam. Adapun konsep Islam tentang pendidikan adalah sebagai wadah atau sarana
untuk membina seluruh potensi yang ada didalam manusia, baik yang bersifat
jasmaniah maupun rohaniah, yang terdiri dari aspek kognitif, psikomotor, dan
afektif guna untuk merealisasikan tugasnya sebagai khalifah Allah Swt. dimuka
bumi dalam rangka menghambakan diri dan beribadah kepada-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chodry, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Pendidikan Ibn Sina; Konsep Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2015 01:46
Last Modified: 17 Mar 2015 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item