SANTRI URBAN DAN PASANG SURUT GAIRAH KEAGAMAAN DI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholik, Muhammad Nurkholis (2014) SANTRI URBAN DAN PASANG SURUT GAIRAH KEAGAMAAN DI SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tanpa kita sadari bahwa peradaban bangsa Indonesia khususnya di Jawa sebenarnya ditopang oleh sebuah peradaban dari unsur pesantren. Hal itu tercermin dari semakin banyaknya jumlah pesantren yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tidak hanya itu, masyarakat awam juga telah menganggap kaum santri sebagai sebuah kelompok yang mereka yakini sebagai panutan. Keberadaan Surabaya sebagai kota metropolitan mampu menarik minat sebagian orang untuk masuk di dalamnya. Sejarah telah membuktikan bahwa sejak keberadaan wali songo hingga sekarang denyut kehidupan di Surabaya selalu mengalami lonjakan yang meningkat. Maka tidak mengherankan jika Surabaya semakin dipenuhi oleh orang-orang pendatang dari berbagai latar belakang budaya, suku dan agama yang berbeda, belum lagi dengan adanya akses media dan teknologi yang semakin mudah secara tidak langsung berhasil memicu terjadinya sebuah pergeseran peradaban yang telah dibangun oleh masyarakat pada masa-masa sebelumnya. Di saat yang sama, kaum santri berusaha memanfaatkon kondisi tersebut dengan ikut bergabung menjadi kaum urban. Karena latar belakang santri itulah kemudian penulis menyebut mereka ini sebagai santri urban. Naluri perjuangan yang dimiliki membuat santri urban tidak bisa tinggal diam ketika melihat kondisi keagamaan masyarakat yang terabaikan oleh kesibukan duniawi kaum perkotaan. Sadar akan posisinya tersebut, santri urban sebagai bagian dari kaum santri yang berusaha menghidupkan wacana keislaman di kota-kota besar secara tidak langsung juga turut andil bagi terciptanya tatanan kehidupan masyarakat yang agamis. Penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang dinamika keagamaan masyarakat Surabaya yang diikuti pula oleh keberadaan santri urban dengan sepak terjang kehidupannya yang kemudian diwujudkan dengan adanya aktualisasi keislaman santri urban sebagai jawaban atas pasang surut gairah keagamaan yang dihadapi oleh umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholik, Muhammad Nurkholiskholik.nurkholis@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Masyarakat Islam
Pengabdian Masyarakat
Pendidikan > Pesantren
Santri
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholik Muhammad Nurkholis
Date Deposited: 03 Oct 2016 01:57
Last Modified: 19 Oct 2016 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item