KOMUNIKASI SPIRITUAL SEBAGAI KAJIAN INTERDISIPLINER ANTARA ASPEK KEAGAMAAN, ILMU KESEHATAN DAN SAINS: STUDI TENTANG SELF-HEALING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salisah, Salisah (2012) KOMUNIKASI SPIRITUAL SEBAGAI KAJIAN INTERDISIPLINER ANTARA ASPEK KEAGAMAAN, ILMU KESEHATAN DAN SAINS: STUDI TENTANG SELF-HEALING. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 3 Fix_95.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Isu kesehatan menjadi penting untuk dikaji melalui bidang ilmu komunikasi dengan adanya masukan dari banyak penelitian bidang kesehatan yang yang menekankan perhatian pada aspek psikis maupun sosial atas penggunaan pengobatan non-medis yang dikenal dengan istilah Complementary and Alternative Medicine (CAM). Adanya penelitian yang menggali dan terkait dengan konsep sehat dan sakit dalam aplikasi yang luas ternyata bukan sekedar menyangkut kondisi berdasarkan pengukuran biomedis. Secara sederhana ada konsep disease yang dimaksudkan sebagai adanya gangguan atau ketidakteraturan pada anatomi tubuh atau fisik. Fakta bahwa sehat dan sakit juga mengarah pada adanya keragaman batasan pada masing-masing individu akibat pengaruh konstruk sosial dan budaya dalam lingkungannya. Dengan demikian konsep disease menjadi sesuatu yang berbeda dengan illness yang terstruktur oleh budaya, berdasarkan pengalaman perorangan dalam mengartikan dan mengalami kondisi tidaknyaman tubuhnya. Ada orang atau masyarakat yang membatasi pada pengalaman somatik, yang lain pada disfungsi mental, dan pada gilirannya aspek sosial, emosional dan kognitif menjadi aspek-aspek yang tidak terpisahkan bahkan saling tumpang tindih. Ini bisa menjadi kritik utama atas dikotomi disease-illness, yaitu adanya kondisi dikotomi tubuh-pikiran yang tidak tersentuh oleh bidang biomedis. Disease berakar pada kondisi sakit tubuh sehingga dianggap bersifat riil, kongkret, ilmiah dan obyektif, sebaliknya illness merupakan sakit yang berakar pada pikiran sehingga dianggap masuk dalam kategori subyektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salisah, SalisahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Keywords: Komunikasi spiritual
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2016 03:14
Last Modified: 23 Sep 2016 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

View Item View Item