AMBIVALENSI INTEGRASI ILMU AGAMA DAN SAINS : STUDI TRANSFORMASI KONFLIK DAN KONSESUS PENGARUH ILMU AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN IPTEK DI ZAMAN MODERN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ramadhanita Mustika (2012) AMBIVALENSI INTEGRASI ILMU AGAMA DAN SAINS : STUDI TRANSFORMASI KONFLIK DAN KONSESUS PENGARUH ILMU AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN IPTEK DI ZAMAN MODERN. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Buku 5 Fix bagus_3.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Kajian dalam makalah ini akan memberikan penjelasan bahwa pengaruh agama terhadap sains secara normatif bersifat positif (integrasi bersifat konsensus). Sedangkan agama dan sains dalam kajian sosial bersifat ambivalensi antara konflik dan konsensus. Agama dalam pengaruhnya terhadap perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) bersifat ambivalensi, ia bisa berintergrasi ke arah tranformasi konflik (bermakna negatif) dan di saat yang bersamaan bisa juga ke arah konsensus (bermakna positif). Ia akan bermakna serta bermanfaat bagi kehidupan manusia bila dimaknai secara positif, dan sebaliknya bisa juga membawa bencana bila dimaknai dan dimanfaatkan secara negatif. Hal ini tergantung ke arah mana transformasi itu dilakukan, untuk apa dan oleh siapa. Selain itu juga, peran ulama dan ilmuwan, serta manfaat dan kegunaan dari sains itu sendiri merupakan hal yang turut mempengaruhi ke arah mana ia berintegrasi. Kuntowijoyo menyebutnya sebagai ilmu sosial profetik, yaitu ilmu yang tidak hanya menjelaskan dan mengubah fenomena sosial, tapi juga memberi petunjuk ke arah mana transformasi itu di lakukan, untuk apa dan oleh siapa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ramadhanita MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Ilmu Agama dan Sains
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2016 02:25
Last Modified: 22 Sep 2016 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item