PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MIFTAHUL ULUM II MELIRANG

Faridah, Nur (2014) PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MIFTAHUL ULUM II MELIRANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika kompetensi dasar dengan pecahan melalui penggunaan media sederhana di kelas V semester I MI Miftahul ulum II Melirang Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Miftahul ulum II Melirang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari : 9 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknis analisa data kwantitatif dan kwalitatif. Hal ini dilihat dari prosentase peningkatan hasil dari siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus hasil belajar menunjukkan ketuntasan dalam proses pembelajaran, ada 5 anak yang tuntas dari jumlah 14 siswa atau sekitar 36% dengan nilai rata-rata 58,36. Pada siklus 1 setelah memanfaatkan media sederhana, dari jumlah 14 siswa yang tuntas siswa atau sekitar 71% dengan rata-rata nilai 72,60. Sedangkan target ketuntasan diharapkan 80 – 100%. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan tindakan siklus 2, dan hasilnya dari 14 siswa tuntas 14 siswa atau 100% dengan rata-rata hasil belajar 86,48. Oleh karena itu hasil penelitian ini menerima dan membuktikan kebenaran hipotesis yang menyatakan diduga penggunaan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas V MI Miftahul ulum I Melirang semester I tahun pelajaran 2014/2015.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Musthofa
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika; Bilangan Pecahan
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2015 02:23
Last Modified: 16 Mar 2015 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item