Tinjauan hukum Islam terhadap transaksi jual beli baju muslim secara online di pernikmuslim.com Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachrudin, Fuad (2016) Tinjauan hukum Islam terhadap transaksi jual beli baju muslim secara online di pernikmuslim.com Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Fachruddin_C33209019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitihan kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana Tinjauan hukum islam terhadap transaksi jual beli dengan sistem online dan bagaimana tanggagung jawab penjual atas kondisi barang yang tidak sesuai pesanan dalam transaksi online dalam perpektif hukum islam.Data penelitiahan di himpun melalui wawancara dan observasi.Hasil penelitihan menyimpulkan bahwa Dalam praktek bisnis online yang dilakukan oleh Pernik Muslim, terdapat beberapa kasus di mana barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan ataupun dalam kondisi yang cacat. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jual-beli online, konsumen tidak pernah bertemu langsung dengan perusahaan. Meskipun demikian tetap diberlakukan kesepakatan yang mengikat kedua belah pihak dalam kegiatan jual-beli tersebut. barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan ataupun dalam kondisi yang cacat barangnya cacat. Bentuk tanggung jawabnya adalah dengan memberikan opsi kepada konsumen untuk menukar barangnya dengan barang lain yang sejenis atau pihak perusahaan akan mengembalikan uang konsumen sebesar 80%. Biaya untuk pengembelian barang return ke Pernik Muslim juga menjadi tanggung jawab konsumen. Ketentuan ini sudah tercantum dalam situs Pernik Muslim bagian disclaimer, sehingga setiap konsumen yang melakukan pembelian di Pernik Muslim sudah mengetahui ketentuan ini dan menyetujuinya. Ketentuan ini bisa dianggap sebagai akad antara Pernik Muslim dan Konsumennya. Berdasarkan kesimpulan Para Ulama yang kompeten hendaknya terus mengadakan kajian fikh muamalah secara terus menerus untuk mengikuti perkembangan jaman disebabkan karena permasalahan dalam muamalah setiap waktu terus mengalami perkembangan. Kepada perusahaan pemasaran yang berbasis online, khususnya Pernik Muslim hendaknya melakukan peninjauan kembali terkait dengan ketentuan dalam disclaimernya agar tidak merugikan konsumen dan konsumen juga ridho menjalin kerja sama transaksi bisnis online dengan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachrudin, Fuadfuadfachruddin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Teknologi
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; jual beli; baju muslim; online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fachrudin Fuad
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:46
Last Modified: 15 Jan 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item