Pemikiran Islamisasi ilmu pengetahuan menurut Ismail Raji Al Faruqi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muaiyada, Muaiyada (2016) Pemikiran Islamisasi ilmu pengetahuan menurut Ismail Raji Al Faruqi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemikiran Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Ismail Raji Al-Faruqi” ini adalah hasil penelitian kepustakaan yang dilakukan oleh peneliti guna untuk mengetahui latar belakang dari Islamisasi ilmu pengetahuan yang ditujukan untuk orang-orang Muslim pada khususnya. Apalagi dengan adanya berbagai kemunduran yang dialami oleh umat Muslim ketika kebangkitan Barat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian library research dengan pendekatan hermeneutik yaitu panafsiran, suatu upaya untuk memahami suatu makna atau maksud dalam suatu pemikiran agar tidak terjadinya kesalah pahaman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama peneliti lakukan adalah dengan cara mengumpulkan data-data dari buku-buku, jurnal, maupun artikel. Dari penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa pengaruh Barat yang begitu signifikan telah membuat masyarakat Muslim tercengang, mulai hal pendidikannya, budaya, serta teknologi yang sangat cepat berkembang ke seluruh dunia. Masyarakat Muslim banyak yang taqlid dengan hal itu semua tanpa memikirkan apa dampak kedepannya. Apalagi dengan sikap yang seperti di jaman modern yang kapitalis seperti sekarang semakin merajalela sekulerisme, westernisasi di kalangan masyarakat Muslim pada khususnya. Sikap yang membuat masyarakat Muslim jauh dengan dunia spiritual. Pemikiran ummat diubahnya menjadi pemikiran sekuler yang hanya memikirkan kesenangan dunia tanpa memikirkan hal-hal yang ukhrawi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa munculnya ide Islamisasi ilmu pengetahuan yang dikemukakan oleh Ismail Raji Al-Faruqi adalah untuk membangkitkan semangat orang-orang Islam dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang berlandaskan tauhid. Ilmu apa saja yang ada di hadapan kita, yang kita pelajari baik itu ilmu-ilmu agama maupun ilmu-ilmu eksakta tetap tidak melakukan suatu hal yang melanggar aturan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muaiyada, Muaiyadamuaiyada_aozora@yahoo.comE01212027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Abdullah Khozin--2007035301
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemikiran; Islamisasi ilmu pengetahuan; Ismail Raji Al Faruqi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Muaiyada Muaiyada
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:48
Last Modified: 10 Dec 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item