HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK WAHID HASYIM KEPOHBARU BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsuddin, Syamsuddin (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK WAHID HASYIM KEPOHBARU BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara dukungan sosial dan konsep diri akademik dengan prestasi belajar. (2) hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar (3) hubungan antara konsep diri akademik dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan sosial (X1), konsep diri akademik (X2) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh populasi diambil sebagai subyek. Maka subyek penelitian berjumlah 60 subyek, yang terdiri dari siswa-siswi Kelas XI dan Kelas XII SMK Wahid Hasyim Kepohbaru. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu raport atau nilai prestasi belajar dan skala dukungan sosial yang terdiri dari 50 item disusun oleh peneliti dengan mengacu pada teori sarafino (2006) dari uji validitas diperoleh 20 item valid dengan nilai reliabilitas cronbach`s Alpha sebesar 0,846, serta skala konsep diri akademik yang terdiri dari 50 item disusun peneliti dengan mengacu pada teori Marsh H.W (1990) serta memodifikasi skala SDQ II yang dikembangkannya. Validitias diuji dengan rumus product moment sehingga diperoleh 29 item valid , dan reliabilitas diuji dengan rumus Cronbach`s Alpha diperoleh nilai 0,833. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistik regresi linier berganda dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini diketahui koefisien korelasi parsial antara variabel dukungan sosial dengan prestasi belajar diperoleh nilai rx1y sebesar -0,164 dengan nilai signifikansi 0.215 > 0,05. Jadi tidak terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. koefisien korelasi parsial antara variabel konsep diri akademik dengan prestasi belajar diperoleh nilai rx2y sebesar 0,936 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Jadi terdapat hubungan antara konsep diri akademik dengan prestasi belajar dan koefisien korelasi antara variabel dukungan sosial dan konsep diri akademik dengan prestasi belajar diperoleh nilai F sebesar 201.875 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05, maka menunjukkan bahwa secara simultan terdapat hubungan antara dukungan sosial dan konsep diri akademik dengan prestasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsuddin, SyamsuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Psikologi > Psikologi Islam
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; konsep diri
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Syamsuddin Syamsuddin
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:59
Last Modified: 08 Sep 2016 04:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13969

Actions (login required)

View Item View Item