PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI PENGALAMANKU MELALUI METODE PROBLEM-POSING LEARNING PADA SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL IHSAN KETAPANG SUKO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatriani, Naning (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI PENGALAMANKU MELALUI METODE PROBLEM-POSING LEARNING PADA SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL IHSAN KETAPANG SUKO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa yang dilakukan oleh pengambilan materi yang hanya dari buku paket, dan pendidik yang kurang efektif dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman, seharusnya guru lebih efektif dalam memberikan media pada siswa agar tidak menimbulkan kejenuhan. Akibatnya, skor nilai rata-rata siswa belum dapat mencapai KKM. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penerapan metode Problem-Posing Learning dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan suatu pengalaman pada kelas III MI Roudlotul Ihsan Ketapang Suko. 2. Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan suatu pengalaman pada kelas III MI Roudlotul Ihsan Ketapang Suko dengan menggunakan metode Problem-Posing Learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri atas empat bagian pokok, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Roudlotul Ihsan tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu non tes (penilaian performance) menggunakan rubik penilaian keterampilan berbicara, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara dan dokumentasi. Data unjuk kerja siswa dianalisis berdasarkan rumus persentase. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Problem-Posing Learning berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tiap siklus. Penjelasan ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 80 pada siklus I menjadi 96,42 pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari 76,8 pada siklus I menjadi 96,55 pada siklus II. 2) Penerapan pembelajaran bahasa indonesia melalui metode Problem-Posing Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang terlihat dari nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 60,14 dan siklus II sebesar 83,08 sehingga terjadi peningkatan sebesar 23. Prosentase ketuntasan siswa meningkat terlihat dari prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 17,64% dan siklus II sebesar 88,23% sehingga terjadi peningkatan sebesar 70%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatriani, Naningnaninggfatrianii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmawati Rohmawati
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:46
Last Modified: 09 Sep 2016 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item