PENGGUNAAN ALAT PERAGA STIK KAYU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA

Assyifa, Wirzatur Rahmah (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA STIK KAYU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa mengenai materi dan pendidik yang kurang efektif dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Akibatnya, skor nilai rata-rata siswa belum dapat mencapai KKM.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penggunaan alat peraga stik kayu dalam meningkatkan pemahaman matematika materi pecahan sederhana kelas III di MI Muhammadiyah 23 Surabaya. 2. Mengetahui peningkatan pemahaman matematika materi pecahan sederhana kelas III di MI Muhammadiyah 23 Surabaya dengan menggunakan alat peraga stik kayu.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah 23 tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes (penilaian tes tulis) menggunakan lembar soal individu, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penggunaan alat peraga stik kayu dapat meningkatkan pemahaman matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III di MI Muhammadiyah 23 Surabaya berjalan dengan baik melalui proses perbaikan setiap siklus. Ditunjukkan dari peningkatan nilai observasi aktivitas guru 69,79 pada siklus I menjadi 91,67 pada siklus II dan nilai observasi aktivitas siswa 57,29 pada siklus I dan 82,29 pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman matematika siswa pada materi pecahan sederhana pada kelas III di MI Muhammadiyah 23 Surabaya dengan menggunakan alat peraga stik kayu telah berhasil dengan rata-rata pemahaman 66,07 pada siklus I menjadi 83,48 pada siklus II sehingga terjadi peningkatan sebesar 17,41. Prosentase ketuntasan siswa meningkat terlihat dari prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 43,75% dan siklus II sebesar 81,25% sehingga terjadi peningkatan sebesar 37,50%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Assyifa Wirzatur Rahmah
Date Deposited: 05 Sep 2016 01:50
Last Modified: 05 Sep 2016 01:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item View Item