PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADIST MATERI POKOK MEMBACA HURUF-HURUF HIJAIYAH SESUAI MAKHRAJNYA MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA KELAS I MI AL HIKMAH TANJUNGSARI TAMAN SIDOARJO

Ummah, Rifdatul (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADIST MATERI POKOK MEMBACA HURUF-HURUF HIJAIYAH SESUAI MAKHRAJNYA MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA KELAS I MI AL HIKMAH TANJUNGSARI TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al Qur’an Hadist yang disajikan dengan metode ceramah dan hafalan serta latihan individual sering kali tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya prestasi belajar selalu diurutan paling bawah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikan dan dapat meningkatkan prestasi belajar perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu metode yang mampu meningkatkan semangat siswa diantaranya yaitu pembelajaran menggunakan media CD Interaktif. Rumusan masalah yang diajukan : 1) Bagaimana penerapan media CD Interaktif pada mata pelajaran al-Quran Hadist materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya pada siswa kelas I MI Al-Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo?. 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar al-Qur’an Hadist materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya pada siswa kelas I MI Al-Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo setelah penerapan media CD Interaktif ? Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas I MI Al Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo dengan menggunakan model Kurt Lewin dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi, dokumentasi dan tes lisan dengan menggunakan instrument lembar bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan media CD Interaktif pada mata pelajaran al-Qur’an hadist materi membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dilakuan dengan cara guru menampilkan video huruf hijaiyah sesuai makhrajnya secara berurutan dan kemudian mencontohkan cara membaca huruf tenggorokan, lisan dan bibir secara bergantian yang selanjutnya akan diikuti oleh siswa. Dalam penerapan media CD Interaktif diperoleh hasil observasi guru dengan prosentase 68,18 pada siklus I dan 91,66 pada siklus II. Hasil observasi kegiatan siswa diperoleh prosentase 68,18 pada siklus I dan 93,75 pada siklus II. (2) Peningkatan prestasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran melalui media CD Interaktif mencapai ketuntasan belajar dan menunjukkan peningkatan dengan prosentase 67,74% pada siklus I dan 80,64% pada siklus II yang termasuk dalam katagori tinggi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ummah Rifdatul
Date Deposited: 02 Sep 2016 08:16
Last Modified: 02 Sep 2016 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item